Tingkat Pengangguran AS

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Klaim Pengangguran AS turun menjadi 1,480 juta pada pekan yang berakhir pada 20 Juni, ini merupakan angka terendah sejak krisis karena pandemic coronavirus sejak empat bulan lalu. Namun angka tersebut masih berada lebih tinggi dari ekspektasi pasar di angka 1,300 juta, lebih rendah dibanding pekan sebelumnya 1,54 juta.

Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan pada hari Kamis (25/06/2020), menggaris bawahi pandangan bahwa pasar tenaga kerja menghadapi pemulihan yang berkepanjangan dan sulit dari wabah Covid-19 ini. Jumlah klaim mengalami penurunan tetapi peningkatan jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi seiring pembukaan lockdown juga mengaburkan prospek ekonomi.

“Ada beberapa bisnis yang mencoba mempertahankan tenaga kerja mereka, menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi ketika bisnis dibuka kembali,” kata Gus Faucher, dari PNC Financial di Pittsburgh, Pennsylvania. “Bahkan ketika ekonomi meningkat, mereka tidak melihat banyak permintaan dan memutuskan bahwa mereka tidak membutuhkan banyak pekerja”.

Rilis data ini membuat dolar sedikit terhambat dari laju penguatannya. Indeks dolar mengalami penurunan dari level tertinggi sebelumnya 97.60 menjadi 97.46.