Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Amerika Serikat mendapatkan kembali 1,4 juta pekerjaan pada bulan Agustus dan tingkat pengangguran membukukan penurunan yang sangat besar menjadi 8,4%, menunjukkan pemulihan ekonomi masih terus berlanjut bahkan jika laju pertumbuhan telah melambat sejak awal musim panas. Peningkatan perekrutan bulan lalu melebihi perkiraan Wall Street. Para Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan kenaikan 1,2 juta. Saham AS jatuh pada perdagangan Jumat.

Gambaran ketenagakerjaan sedikit lebih melemah setelah menghapus perekrutan 238.000 pekerja Sensus sementara dan mereka yang bekerja di pendidikan publik. Perekrutan sektor swasta naik 1 juta, turun dari 1,48 juta pada Juli, kata pemerintah Jumat.

Berita paling positif adalah penurunan besar dalam tingkat pengangguran resmi menjadi 8,4% dari 10,2%, menandai penurunan keempat berturut-turut dari puncak pandemi 14,7%. Sebuah survei terpisah terhadap rumah tangga menunjukkan jumlah orang yang kembali bekerja jauh lebih besar (3,76 juta) dan penurunan tajam pengangguran (-2,8 juta).

“Saya akan mengatakan laporan pekerjaan hari ini bagus,” Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kepada NPR dalam sebuah wawancara.

Tingkat pengangguran akan mendekati 9% jika rumah tangga memberikan gambaran akurat tentang status pekerjaan mereka, kata Biro Statistik Tenaga Kerja. Beberapa responden survei secara keliru mengklasifikasikan diri mereka sebagai mangkir kerja, bukan menganggur, masalah yang melanda survei BLS sejak pandemi dimulai.

Beberapa juta orang Amerika masih belum kembali ke angkatan kerja, namun, sejak dimulainya pandemi dan sekitar 29 juta dilaporkan menerima tunjangan pengangguran pada pertengahan bulan lalu.

Terlebih lagi, awal tahun ajaran juga telah melahirkan masalah baru bagi perusahaan dan majikan mereka. Banyak orang tua kekurangan pilihan penitipan anak dan bergumul dengan cara merawat anak-anak usia sekolah mereka yang belajar di rumah sementara mereka bekerja di tempat yang sama. waktu.

Sebuah studi Federal Reserve baru menemukan tahun ajaran baru mempersulit bisnis yang merekrut untuk menarik pekerja.

Kebuntuan di Kongres atas paket penyelamatan keuangan lainnya juga telah membuat banyak orang Amerika yang menganggur dalam posisi keuangan yang lebih genting. Tunjangan pengangguran federal $ 600 berakhir pada akhir Juli dan usaha kecil tidak dapat lagi mengajukan pinjaman untuk membantu menutupi biaya penggajian.

Serangkaian perusahaan seperti American Airlines, United dan MGM Resorts, sementara itu, telah mengumumkan cuti dan PHK baru dengan bisnis mereka masih dalam kemerosotan yang dalam.

Agen tiket United Airlines membantu penumpang melakukan check-in untuk penerbangan di Bandara Internasional San Francisco. United Airlines mengumumkan rencana untuk memberhentikan lebih dari 16.000 pekerja termasuk pilot, pramugari dan teknisi.

Beberapa perusahaan memperingatkan kehilangan pekerjaan bisa menjadi permanen tanpa bantuan pemerintah lebih lanjut atau pemulihan ekonomi yang lebih cepat. A.S. kehilangan lebih dari 22 juta pekerjaan selama pandemi terburuk. Sejauh ini telah dipulihkan sekitar 10,7 juta pekerjaan, meninggalkan sekitar setengah dari orang yang di-PHK masih kehilangan pekerjaan.

Jumlah orang yang dipekerjakan oleh pemerintah melonjak hingga 344.000, sebagian besar karena peningkatan besar dalam pekerja Sensus sementara. Di sektor swasta, pengecer memimpin dalam perekrutan lagi karena mereka membawa pulang hampir seperempat juta pekerja. Restoran juga menambahkan 134.000 pekerjaan.

Pengecer, restoran, dan hotel telah menanggung beban terbesar dari upaya AS untuk menahan virus corona. Jumlah pelanggan yang dapat mereka izinkan telah dibatasi dan banyak orang Amerika masih terlalu khawatir tentang virus koron untuk makan di luar, pergi ke toko, atau bepergian.

Bahkan setelah serentetan perekrutan, misalnya, sekitar 2,5 juta pekerjaan restoran masih belum kembali.

Sisa perekrutan tersebar di berbagai industri.

Bisnis kerah putih menambahkan hampir 200.000 pekerjaan, meskipun lebih dari setengahnya bersifat sementara. Pekerjaan transportasi dan pergudangan meningkat 78.000. Penyedia layanan kesehatan meningkatkan gaji sebesar 75.000. Perusahaan keuangan mempekerjakan 36.000 pekerja. Dan produsen menambahkan 29.000 orang.

Rata-rata gaji per jam naik 11 sen menjadi $ 29,47 per jam. Tingkat gaji tahunan tampaknya melonjak di awal pandemi, tetapi hanya karena lebih banyak pekerja bergaji rendah kehilangan pekerjaan mereka daripada yang dibayar lebih tinggi. Data upah yang biasanya berubah lambat kemungkinan akan kurang berguna sampai ekonomi sebagian besar pulih. Upah tumbuh sekitar 3% setahun sebelum pandemi.

Kenaikan lapangan kerja di bulan Juli sedikit menurun menjadi 1,73 juta. Kenaikan di bulan Juni sedikit berubah menjadi 4,79 juta. Namun, berapa banyak orang yang benar-benar menganggur masih menjadi misteri. Survei ketenagakerjaan bulanan menyebutkan jumlahnya di 13,6 juta, tetapi laporan klaim pengangguran mingguan menunjukkan jumlahnya bisa mendekati 30 juta.

Ukuran pengangguran yang lebih luas yang dikenal sebagai U6 menunjukkan tingkat “nyata” adalah 14,2% di bulan Agustus, turun dari 16,5% di bulan sebelumnya. Tarif U6 mencakup pekerja yang hanya bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu dan mereka yang terlalu putus asa untuk mencari pekerjaan karena sangat sedikit yang tersedia.

Secara garis besar, perekonomian A.S. telah terbukti cukup tangguh, berkembang lagi pada bulan Agustus meskipun wabah virus musim panas dan berakhirnya keuntungan federal yang besar. Berbagai laporan seperti reservasi restoran, belanja ritel dan belanja di dalam toko juga menunjukkan peningkatan belanja konsumen dan stabil jika pertumbuhan ekonomi melambat.

Yang kurang jelas adalah apakah ekonomi dapat mempertahankan kemajuannya. Pengangguran tetap tinggi, ancaman gelombang baru pemecatan meningkat dan virus corona masih menjadi ancaman. Kepemimpinan politik yang terpecah di Washington dan salah satu pemilihan presiden yang paling memecah belah dalam sejarah sepertinya tidak akan membantu.

“Laporan ketenagakerjaan Agustus lebih kuat dari yang kami harapkan,” kata kepala ekonom Richard Moody dari Financial District. Meski begitu, meski pasar tenaga kerja jelas pulih, tetap jauh dari sehat. “Ada industri tertentu yang pada dasarnya terjebak hingga virus semakin surut, seperti perjalanan udara, acara olahraga, dan tiket masuk konser,” kata kepala ekonom Stephen Stanley. “Namun untuk sebagian besar perekonomian, pengembalian ke kondisi normal terjadi inci demi inci dan hari demi hari, dengan masih banyak lagi yang akan datang.”

Paska pengumuman ini, Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq semuanya turun dalam perdagangan Jumat.