Janet Yellen

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Janet Yellen, A.S. Calon Menteri Keuangan dari Presiden terpilih Joe Biden, mendesak anggota parlemen pada hari Selasa untuk “bertindak lebih besar” pada pengeluaran bantuan virus corona. Menurutnya, manfaat ekonomi stimulus ini jauh lebih besar daripada risiko beban utang yang lebih tinggi.

Selama lebih dari tiga jam ia konfirmasi dengar pendapat, di Senat. Yellen yang merupakan mantan Gubernur Federal Reserve menguraikan visi tentang Departemen Keuangan yang lebih berotot yang akan bertindak agresif untuk mengurangi ketidaksetaraan ekonomi, melawan perubahan iklim, dan melawan praktik perdagangan dan subsidi China yang tidak adil.

Pajak pada perusahaan dan orang kaya pada akhirnya perlu dinaikkan untuk membantu mendanai rencana ambisius Biden untuk berinvestasi dalam infrastruktur, penelitian dan pengembangan, dan untuk pelatihan pekerja guna meningkatkan AS. daya saing ekonomi, katanya kepada anggota Komite Keuangan Senat.

Tetapi itu hanya akan terjadi setelah mengendalikan pandemi virus korona, yang telah menewaskan lebih dari 400.000 orang di Amerika Serikat, dan kehancuran ekonomi yang ditimbulkannya.

Yellen, yang berbicara melalui tautan video, mengatakan tugasnya sebagai kepala Departemen Keuangan akan membantu orang Amerika menanggung bulan-bulan terakhir pandemi karena penduduknya divaksinasi, dan membangun kembali ekonomi agar lebih kompetitif dan menciptakan lebih banyak kemakmuran dan lebih banyak pekerjaan.

“Tanpa tindakan lebih lanjut, kita berisiko mengalami resesi yang lebih lama dan lebih menyakitkan sekarang dan kerusakan ekonomi jangka panjang di kemudian hari,” katanya.

Yellen mengatakan keringanan pandemi akan menjadi prioritas di atas kenaikan pajak, tetapi perusahaan dan orang kaya, yang sama-sama diuntungkan dari pemotongan pajak Republik 2017 “perlu membayar bagian yang adil.”

Dia mengangkat alis beberapa senator dan Wall Street ketika dia mengatakan bahwa Departemen Keuangan akan mempertimbangkan kemungkinan mengenakan pajak atas keuntungan modal yang belum direalisasi – melalui mekanisme “mark-to-market” – serta pendekatan lain untuk meningkatkan pendapatan. Dia juga bahwa nilai dolar harus ditentukan oleh pasar, istirahat dari keinginan Presiden Donald Trump untuk AS yang lebih lemah. mata uang.

“Amerika Serikat tidak mencari mata uang yang lebih lemah untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan kami harus menentang upaya negara lain untuk melakukannya,” katanya.

Saham Wall Street naik pada hari Selasa sebagai reaksi terhadap seruan Yellen untuk paket stimulus yang kuat, serta pembaruan pendapatan bank yang positif. Harga minyak juga naik, sementara imbal hasil Treasury sedikit turun karena komentarnya bahwa bagian dari reformasi pajak 2017 harus dicabut.

Joe Biden, yang akan dilantik pada hari Rabu, menguraikan proposal paket stimulus $ 1,9 triliun minggu lalu, mengatakan investasi yang berani diperlukan untuk memulai ekonomi dan mempercepat distribusi vaksin untuk mengendalikan virus.

Saat ditanya pengeluaran apa yang akan memberikan “keuntungan terbesar”, Yellen mengatakan pengeluaran untuk kesehatan masyarakat dan vaksinasi yang meluas adalah langkah pertama. Pengangguran yang diperpanjang dan bantuan gizi, yang lebih dikenal sebagai kupon makanan, harus menjadi yang berikutnya, katanya.

Baik presiden terpilih, maupun saya, tidak mengusulkan paket bantuan ini tanpa penghargaan atas beban utang negara. Tapi sekarang, dengan suku bunga terendah dalam sejarah, hal paling cerdas yang bisa kami lakukan adalah bertindak besar, ”kata Yellen.

Dia mengatakan meskipun jumlah hutang relatif terhadap ekonomi telah meningkat, beban bunga – jumlah yang dibayarkan Departemen Keuangan untuk melunasi utangnya – belum, karena suku bunga yang lebih rendah. Dia berkata dia akan mengamati metrik itu dengan cermat saat ekonomi pulih.

Yellen juga menyebut perubahan iklim sebagai “ancaman eksistensial” bagi AS. ekonomi dan mengatakan dia akan menunjuk pejabat senior di Departemen Keuangan untuk mengawasi masalah ini dan menilai risiko sistemik yang ditimbulkannya terhadap sistem keuangan.

Dia menambahkan investasi dalam teknologi bersih dan kendaraan listrik diperlukan untuk mengurangi emisi karbon, menjaga AS. ekonomi kompetitif dan menyediakan pekerjaan yang baik bagi pekerja Amerika.

Yellen mengatakan China adalah pesaing strategis terpenting Amerika Serikat dan menggarisbawahi tekad pemerintah Biden untuk menindak apa yang disebutnya “praktik-praktik China yang kasar, tidak adil, dan ilegal.”

Ditanya apakah China telah melakukan “genosida” dalam perlakuannya terhadap Muslim Uighur seperti yang dinyatakan oleh pemerintahan Trump dalam proklamasi menit terakhir, Yellen mengatakan China “bersalah atas pelanggaran hak asasi manusia yang menghebohkan, ya.”

Pemerintahan transisi Biden telah mendesak Senat untuk bergerak cepat untuk mengkonfirmasi Yellen. Senator Demokrat Ron Wyden, yang akan memimpin Komite Keuangan setelah pelantikan Biden pada hari Rabu, mengatakan dia akan mendorong pemungutan suara konfirmasi pada hari Kamis. Senator Republik Mike Crapo mengatakan dia akan bekerja menuju konfirmasi “cepat” untuk Yellen.

Dia juga menerima dukungan dari semua mantan menteri keuangan, dari George Schultz hingga Jack Lew, yang mendesak senator dalam sebuah surat untuk segera mengkonfirmasi pencalonan Yellen untuk menghindari ” pemulihan ekonomi terhenti. “