Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Warren Buffett mengatakan pada hari Sabtu (01/05/2021) bahwa perekonomia terangkat, jauh lebih baik daripada yang dia prediksi di awal pandemi virus korona. Menurutnya, perekonomian AS telah dibangkitkan dengan cara yang sangat efektif oleh stimulus moneter dari Federal Reserve dan stimulus fiskal dari Kongres AS. “Itu berhasil,” kata Buffett. “Perekonomian ini, sekarang, 85% darinya berjalan dengan kecepatan tinggi.”

Berbicara pada pertemuan tahunan di Berkshire, Buffett menyesali bagaimana masuknya apa yang disebut perusahaan akuisisi bertujuan khusus dan investor tidak berpengalaman yang mengharapkan kekayaan cepat telah membuat pasar terasa seperti kasino, mempersulit Berkshire untuk menyebarkan lebih dari $ 145,4 miliar penimbunan uang tunai. Namun ia tetap mempertahankan optimismenya terhadap masa depan perusahaan yang ia jalankan sejak 1965, termasuk setelah ia pergi.

“Kami telah melihat beberapa hal aneh terjadi di dunia pada tahun lalu, 15 bulan,” kata Buffett. “Itu telah memperkuat keinginan kami untuk memikirkan segala kemungkinan untuk memastikan bahwa Berkshire, 50 atau 100 tahun dari sekarang, setiap bagian organisasi dan kemudian beberapa seperti sekarang.”

Pertemuan tahunan diadakan di Los Angeles, di mana Buffett bergabung dengan wakil ketua Berkshire yang berusia 97 tahun, Charlie Munger, untuk menjawab lebih dari tiga jam pertanyaan pemegang saham. Greg Abel dan Ajit Jain, wakil ketua Berkshire lainnya dan calon penerus Buffett sebagai kepala eksekutif, juga mengajukan beberapa pertanyaan.

Ditanya tentang hubungan mereka, Jain mengatakan bahwa mereka tidak berinteraksi sebanyak Munger dan Buffett, tetapi mereka berbicara setiap kuartal tentang bisnis yang mereka awasi.

Berkshire membatalkan untuk tahun kedua akhir pekan pemegang saham tahunannya di kampung halamannya di Omaha, Nebraska, sebuah ekstravaganza yang biasanya menarik sekitar 40.000 pemegang saham.

Tapi pertemuan hari Sabtu, disiarkan online di Yahoo Finance, adalah “jenis yang Anda sukai dari Berkshire,” kata Steve Haberstroh, seorang mitra di CastleKeep Investment Advisors di Westport, Connecticut. “Ini sedikit tentang mempelajari hal-hal baru dan lebih banyak tentang diingatkan tentang hal-hal lama.”

Banyak dari lusinan unit operasi Berkshire, yang mencakup asuransi mobil Geico dan rel kereta BNSF, telah pulih karena kecemasan atas COVID-19 berkurang, lebih banyak orang divaksinasi, pemeriksaan stimulus dihabiskan, pembatasan bisnis dipermudah dan kepercayaan tentang ekonomi tumbuh.

Produk domestik bruto tumbuh pada tingkat tahunan 6,4% dari Januari hingga Maret, menurut perkiraan pemerintah sebelumnya. [Beberapa ekonom memproyeksikan ekonomi akan tumbuh pada tahun 2021 pada klip tercepat dalam hampir empat dekade.

Buffett mengakui bahwa pemulihan membuat keputusannya tahun lalu untuk keluar dari saham di empat maskapai penerbangan utama AS – American, Delta, Southwest dan United – tampak tidak tepat waktu.

Munger, sementara itu, meremehkan kekhawatiran bahwa Kongres dan Gedung Putih mungkin menaikkan tarif pajak perusahaan menjadi 25% atau 28%, dengan mengatakan itu tidak akan menjadi “akhir dunia” bagi Berkshire.

Pemegang saham menolak proposal yang meminta Berkshire untuk mengungkapkan lebih banyak tentang upayanya untuk mengatasi perubahan iklim dan mempromosikan keragaman dan inklusi dalam angkatan kerjanya.

Tetapi kedua proposal tersebut menerima sekitar seperempat suara yang diberikan, menunjukkan ketidakpuasan yang lebih besar daripada yang ditunjukkan oleh pemegang saham Berkshire secara historis. Buffett, yang mengontrol hampir sepertiga dari hak suara Berkshire, menentang kedua proposal tersebut.

Pertemuan hari Sabtu datang setelah Berkshire mengatakan laba operasi kuartal pertama naik 20% menjadi sekitar $ 7 miliar, sementara laba bersih termasuk investasi mencapai $ 11,7 miliar. Tetapi ada tanda-tanda Berkshire telah tumbuh lebih berhati-hati tentang pasar. Sementara Berkshire membeli kembali $ 6,6 miliar sahamnya sendiri dari Januari dan Maret, laju pembelian kembali melambat.

Berkshire juga mengatakan menjual $ 3,9 miliar lebih banyak saham daripada yang dibeli, meskipun masih memiliki $ 151 miliar saham hanya di dua perusahaan, Apple Inc dan Bank of America Corp. Buffett mengakui bahwa suku bunga rendah membuat asuransi Berkshire senilai $ 140 miliar “mengambang”, yang digunakannya untuk investasi dan akuisisi, menjadi kurang berharga.

Dia juga mengatakan pertumbuhan SPAC, yang membuat perusahaan swasta menjadi publik, telah membuat pembelian seluruh perusahaan mahal untuk Berkshire, yang belum melakukan akuisisi besar sejak 2016. “Itu pembunuh,” kata Buffett, mengacu pada SPACs. “Kami mungkin punya $ 70 atau $ 80 miliar, sesuatu seperti itu mungkin, yang ingin kami kerjakan, … tapi kami tidak akan mendapat kesempatan untuk melakukannya dalam kondisi seperti ini.”

Para pemimpin Berkshire juga melontarkan kritik pada aplikasi perdagangan seperti Robinhood, dengan Buffett mengatakan mereka mendorong “dorongan perjudian” dan Munger mengatakan “sangat mengerikan bahwa sesuatu seperti itu akan menarik investasi dari orang yang beradab dan warga negara yang baik. Ini sangat salah. ”

Buffett berdiri di samping Apple, menyebut pembuat iPhone sebagai “bisnis luar biasa” dengan produk “sangat diperlukan”, dan mengakui bahwa dia keliru dengan melepas sebagian kecil saham Berkshire akhir tahun lalu.

Saat rapat ditutup, Buffett mengatakan kemungkinannya “sangat, sangat bagus” bahwa rapat tahun depan akan melibatkan pemegang saham lagi. “Kami sangat menantikan untuk bertemu dengan Anda di Omaha,” katanya.