Dolar

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar jatuh terhadap yen pada hari Kamis sebelum data diperkirakan menunjukkan lonjakan klaim AS untuk tunjangan pengangguran karena perusahaan memberhentikan pekerja karena penyebaran cepat virus corona.

Poundsterling memperpanjang penurunan terhadap Euro dan Dolar AS karena kekhawatiran yang tersisa bahwa Inggris tidak cukup siap untuk menangani peningkatan kasus virus corona setelah penyakit seperti flu itu merusak sistem perawatan kesehatan di Italia dan Spanyol.

Sementara Aussie dan Kiwi Selandia Baru, keduanya sangat disukai untuk perdagangan komoditas global, jatuh terhadap mitra AS mereka karena pedagang menghindari mengambil risiko yang berlebihan.

Investor dengan cemas menunggu paket stimulus US $ 2 triliun untuk mengimbangi dampak ekonomi dari pandemi coronavirus, tetapi sudah ada indikasi bahwa beberapa negara bagian AS akan membutuhkan lebih banyak uang untuk pasokan medis karena sistem perawatan kesehatan berjuang untuk mengatasinya.

Sulit bagi pasar untuk mencerna klaim pengangguran mingguan. Angka-angka buruk diharapkan dan dihargai sampai batas tertentu, tetapi ada orang yang berpikir hal-hal akan semakin buruk. Pada akhirnya ini dapat mendukung dolar karena investor memilih untuk membawa pulang uang mereka.

Dolar AS turun 0,2% menjadi 110,98 yen di Asia pada hari Kamis.

Terhadap franc Swiss CHF = EBS, dolar sedikit berubah pada 0,9652. Pada perdagangan GBPUSD turun 0,43% menjadi $ 1,1831 dan turun 0,5% menjadi 92,08 pence per euro dalam perdagangan silang, EURGBP.

Kerugian pound semakin cepat di awal perdagangan Asia setelah pemerintah Inggris mengatakan jumlah total kasus virus corona di Inggris naik menjadi 9.529 pada hari Rabu dari 8.077 pada hari sebelumnya.

Klaim pengangguran mingguan AS yang dijadwalkan pada hari Kamis diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar satu juta, yang akan jauh di atas puncak sebelumnya yang terlihat selama krisis keuangan global.

Beberapa analis mengatakan klaim pengangguran bahkan bisa melebihi satu juta karena perusahaan diperkirakan akan cepat mengurangi pekerja.

Pembatasan draconian pada pergerakan pribadi yang ditujukan untuk memperlambat penyebaran coronavirus secara luas diperkirakan akan menyebabkan resesi global.

Partai Republik dan Demokrat di Senat AS berharap untuk memberikan suara pada hari Rabu pada paket darurat $ 2 triliun tetapi mendapati diri mereka menangkis kritik dari kanan dan kiri yang mengancam akan menahan tagihan.

Presiden A.S. Donald Trump diperkirakan akan segera menandatangani undang-undang tersebut menjadi undang-undang, tetapi pemungutan suara Senat belum dijadwalkan.

Majelis rendah Jerman pada hari Rabu menangguhkan rem utang negara dan menyetujui anggaran tambahan yang dibiayai utang sebesar 156 miliar euro untuk membayar perawatan kesehatan dan membuat perusahaan bertahan.

Dolar Australia dalam perdagangan AUDUSD turun 1% menjadi $ 0,5905, sedangkan dolar Selandia Baru turun 0,79% menjadi $ 0,5805.

Baik Aussie dan kiwi runtuh ke posisi terendah multi-tahun awal bulan ini karena investor gugup melikuidasi posisi yang mendukung memegang uang mereka dalam greenback dalam deposito tunai.