Harga emas

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas turun pada hari Rabu, meluruhkan beberapa keuntungan dari hari sebelumnya ketika emas batangan mencatat kenaikan persentase terbesar dalam lebih dari satu dekade. Emas untuk pengiriman April, di Comex turun $ 27,40, atau sekitar 1,7%, berakhir di $ 1,633.40 per ons, setelah melonjak 6% pada hari Selasa.

Jatuhnya harga dianggap wajar secara teknis, mengingat dua kenaikan yang kuat disesi perdagangan sebelumnya. Sentimen turun muncul bersamaan dengan langkah Kongres AS yang semakin dekat untuk melewati paket penyelamatan $ 2 triliun guna membantu mengurangi dampak ekonomi dari pandemi Corona.

Emas pada akhirnya akan mendapat manfaat dari semua stimulus ini dimana dolar akan lebih lembut, tetapi hari ini semua kembali ke perdagangan saham dahulu. Sebagaimana diketahui, Indek saham A.S. berakhir naik pada hari Rabu, dimana investor menyematkan optimisme pada harapan dari adanya paket penyelamatan.

Dinamika risk-on, dalam 48 jam terakhir sebagian besar mendominasi sentiment pasar, tidak mendukung kenaikan harga emas, sementara investor mungkin mengalihkan sebagian likuiditas kembali ke saham.

Disisi lain, sebuah laporan ekonomi menunjukkan bahwa pesanan A.S. untuk barang tahan lama, atau tahan lama, naik 1,2% pada bulan Februari tampaknya tidak berdampak pada perdagangan emas batangan, Rabu. Pesanan dan pengiriman barang modal yang mendasari jatuh kembali, menunjukkan bahwa “investasi peralatan bisnis berada di jalur stagnan pada kuartal pertama, bahkan sebelum penyebaran virus dalam negeri menghancurkan permintaan.

Wabah COVID-19, telah menginfeksi lebih dari 450.000 orang dan menewaskan lebih dari 120.000, telah menjadi salah satu dukungan terbesar untuk pembelian aset yang dianggap sebagai tempat berlindung. Para investor mengamati tanggapan oleh pemerintah di seluruh dunia terhadap patogen mematikan, termasuk A.S. di mana anggota parlemen menyetujui paket bantuan virus korona senilai $ 2 triliun, yang masih harus memberikan suara di Senat dan House.

Harga emas pada hari Selasa membukukan kenaikan dalam satu hari terbesar berdasarkan catatan sejak November 1984, dan persentase kenaikan harian terbesar sejak Maret 2009, menurut Dow Jones Market Data.

Pedagang di Eropa menjadi ketakutan ketika harga spot di London memperlebar jarak harga premium dengan harga emas berjangka, sebesar $ 100 untuk emas berjangka Comex.Kebingungan di pasar spot London mendorong pedagang logam besar Eropa bergegas untuk membeli emas berjangka Comex sebagai lindung nilai, karena mereka merasa mereka tidak bisa mendapatkan apa yang mereka rasa akurat atau harga emas spot London yang adil.

Selain itu ada banyak laporan bahwa pasokan emas batangan fisik di seluruh dunia sulit didapat karena tambang emas di seluruh dunia telah membatasi operasi akibat wabah Covid-19.