Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Pembangunan rumah di Amerika Serikat meningkat lebih dari yang diharapkan pada bulan Oktober karena pasar perumahan terus didorong oleh rekor suku bunga hipotek yang rendah, tetapi momentum dapat melambat di tengah kebangkitan kembali infeksi COVID-19 baru yang membebani pemulihan ekonomi.

Laporan dari Departemen Perdagangan pada hari Rabu (18/11/2020) menunjukkan izin bangunan tidak berubah pada level tertinggi 13-1 / 2 tahun. Ini mengikuti data pada hari Selasa yang menunjukkan kenaikan terkecil dalam penjualan ritel pada bulan Oktober sejak pemulihan dari pandemi dimulai pada bulan Mei. Perekonomian melambat karena lebih dari $ 3 triliun bantuan virus korona pemerintah mengering.

Kasus COVID-19 baru setiap hari telah melebihi 100.000 sejak awal bulan ini, mendorong jumlah infeksi di Amerika Serikat di atas 11 juta, menurut penghitungan Reuters. Beberapa negara bagian dan pemerintah daerah telah memberlakukan pembatasan pada bisnis, menimbulkan kekhawatiran bahwa permintaan yang lemah dapat memicu gelombang baru pemutusan hubungan kerja yang dapat menggema di seluruh perekonomian dan memperlambat jalannya pasar perumahan.

Perumahan baru naik 4,9% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1,530 juta unit bulan lalu. Itu mengangkat pembangunan rumah lebih dekat ke kecepatan 1,567 juta unit pada Februari. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan awal akan naik ke tingkat 1.460 juta unit di bulan Oktober.

Izin untuk membangun kembali rumah di masa depan tidak berubah pada tingkat 1,545 juta unit di bulan Oktober, tertinggi sejak Maret 2007.

Wilayah Selatan yang padat penduduk menyumbang 56,1% dari pembangunan rumah bulan lalu. Aktivitas terobosan juga meningkat di Barat dan Barat Tengah, tetapi jatuh di Timur Laut.

Pembangunan rumah melonjak 14,2% pada basis tahun ke tahun.

Pembangunan rumah keluarga tunggal, pangsa pasar perumahan terbesar, melesat 6,4% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,179 juta unit bulan lalu, level tertinggi sejak April 2007.

Perumahan baru bagi keluarga tunggal telah meningkat selama enam bulan berturut-turut. Segmen pasar ini didorong oleh pandemi, yang telah menyebabkan setidaknya 21% angkatan kerja bekerja dari rumah. Itu telah menyebabkan migrasi dari pusat kota ke pinggiran kota dan daerah kepadatan rendah lainnya karena orang Amerika mencari akomodasi yang luas untuk kantor rumah dan sekolah.

“Wilayah selatan dan pedalaman serta pegunungan di Barat menyaksikan masuknya banyak penduduk dari area metro besar di Timur Laut dan Pantai Barat,” kata Mark Vitner, ekonom senior di Wells Fargo Securities di Charlotte, Carolina Utara. “Lebih dari 80% dari semua rumah keluarga tunggal yang dibangun selama setahun terakhir berada di Selatan atau Barat, yang berarti bahwa konstruksi dapat berlanjut dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi selama bulan-bulan musim dingin dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.”

Sebuah survei pada hari Selasa menunjukkan kepercayaan di antara pembangun rumah keluarga tunggal naik ke level tertinggi sepanjang masa di bulan November. Namun pembangun mengatakan “banyak dan ketersediaan bahan menghambat beberapa aktivitas pembangunan”.

Izin bangunan keluarga tunggal naik 0,6% ke tingkat 1.120 juta unit di bulan Oktober.

Sebuah laporan terpisah pada hari Rabu dari Mortgage Bankers Association menunjukkan aplikasi pinjaman untuk membeli rumah meningkat 4% minggu lalu dari minggu sebelumnya.

Resesi virus korona, yang dimulai pada bulan Februari, secara tidak proporsional memengaruhi mereka yang berpenghasilan rendah. Setidaknya 20 juta orang mendapatkan tunjangan pengangguran.

Indeks perumahan PHLX diperdagangkan lebih tinggi, mengungguli pasar saham AS yang beragam. Dolar tergelincir terhadap sekeranjang mata uang. Harga Treasury AS yang lebih lama diperdagangkan lebih tinggi.

Meskipun pasar perumahan menyumbang sebagian kecil dari produk domestik bruto, ia memiliki jejak ekonomi yang lebih besar. Kekuatannya yang berkelanjutan akan membantu menjaga ekonomi tetap bertahan bahkan ketika pertumbuhan PDB diperkirakan akan melambat secara signifikan pada kuartal keempat setelah kinerja bersejarah pada periode Juli-September.

Pembangunan rumah didorong oleh persediaan ramping, terutama untuk rumah yang sebelumnya dimiliki, dan tingkat hipotek yang rendah. Suku bunga hipotek tetap 30 tahun berkisar rata-rata 2,84%, menurut data dari lembaga keuangan hipotek Freddie Mac.

Awal untuk segmen multi-keluarga yang mudah menguap tidak berubah dengan kecepatan 351.000 unit. Izin bangunan untuk proyek perumahan multi-keluarga turun 1,6% menjadi 425.000 unit. Itu merupakan penurunan bulanan ketiga berturut-turut.

Ini merupakan indikasi bahwa pengembang mengekang investasi karena tingkat kekosongan sewa telah meningkat.

Menurut Wells Fargo Securities, data sewa juga menunjukkan pergeseran preferensi penyewa dari apartemen gaya hidup perkotaan ke apartemen pinggiran kota yang menawarkan lebih banyak fasilitas luar ruangan.

Penyelesaian perumahan turun 4,5% ke tingkat 1,343 juta unit bulan lalu. Realtors memperkirakan bahwa tingkat perumahan dan penyelesaian harus berada dalam kisaran 1,5 juta hingga 1,6 juta unit per bulan untuk menutup kesenjangan inventaris. Stok perumahan yang sedang dibangun naik 1,2% ke level 1.224 juta unit, tertinggi sejak Desember 2006.