Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Suasana pasar ceria dimana bursa saham dan harga emas naik saat dolar AS melemah menjelang pelantikan Joe Biden. Janet Yellen telah meminta lebih banyak stimulus, hal ini meningkatkan sentimen. Dewan Komisaris dari Bank of Canada diatur untuk membiarkan tarif tidak berubah dan Bailey dari Bank of England akan memberikan pernyataan. Sementara itu Virus Corona terus mengamuk.

Calon Menteri Keuangan Janet Yellen muncul di hadapan Komite Keuangan Senat untuk audiensi konfirmasi dan mendesak anggota parlemen untuk “menjadi besar.” Mantan Ketua Federal Reserve menepis kekhawatiran tentang utang dan mendukung nilai tukar yang ditentukan pasar untuk dolar – sebuah penyimpangan dari kebijakan “dolar yang kuat”. Optimisme tentang stimulus telah disambut oleh pasar, membebani dolar safe-haven.

Presiden terpilih Joe Biden dilantik di kemudian hari dan tindakan pertamanya di kantor akan diawasi dengan ketat oleh pasar. Selain mempromosikan paket bantuan senilai $ 1,9 triliun, investor menunggu tindakan berarti terkait lingkungan atau infrastruktur.

Bank of Canada akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah dalam peristiwa pertama tahun 2021. USD/CAD telah melayang di sekitar 1,27, menjelang Dewan Komisaris, Kanada merilis angka inflasi untuk bulan Desember. Ada reaksi yang berlebihan melihat loonie turun 40 pips di awal minggu dan kemudian menurunkan separuh penurunan.

Loonie mendapar tekanan diawal minggu ini karena laporan yang mengatakan Biden akan menghentikan pipa Keystone XL tetapi lebih dari tindakan itu sendiri, pasar akan melihat prioritas Biden di dalam negeri dan luar negeri di awal masa jabatannya.  Biden telah berjanji untuk menghentikan izin Keystone XL dalam kampanyenya sehingga tidak mengejutkan dan saham operator pipa itu sendiri hanya turun 4%.

Lebih dari hilangnya kapasitas ekspor, kami berpendapat bahwa sinyal dari Biden lebih berarti. Trump sangat tegang hubungan dengan banyak sekutunya termasuk Kanada. Memperbaiki itu dianggap sebagai prioritas Biden tetapi tindakan cepat seperti itu terhadap proyek utama Kanada menunjukkan bahwa mungkin bukan itu masalahnya.

Andrew Bailey, Gubernur Bank of England, berbicara di kemudian hari dan mungkin menjelaskan keadaan ekonomi saat ini. Inflasi Inggris naik 0,6% pada tahun 2020, sedikit di atas ekspektasi. Kasus COVID-19 semakin berkurang di Inggris, tetapi pemerintah bersikeras untuk mempertahankan penguncian sampai lebih banyak orang mendapatkan vaksinasi.

Kematian akibat virus korona AS telah melampaui angka 400.000 yang suram. Lapisan peraknya adalah bahwa tekanan di rumah sakit California sedang menurun.

Jerman memperpanjang pengunciannya hingga 14 Februari dan negara-negara Eropa lainnya juga mempertimbangkan untuk memperpanjang pembatasan mereka. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte selamat dari mosi tidak percaya di Senat, yang memungkinkan pemerintah untuk melanjutkan.

Sebelumnya, Dolar AS berada di posisi tertinggi setelah Janet Yellen menegaskan kembali pentingnya mengizinkan nilai tukar yang ditentukan pasar dan berpegang pada urutan status quo dinamika FX. Fakta bahwa dia tidak mengulangi “kebijakan USD yang kuat” yang telah lama dipuji yang diungkapkan sejak pertengahan 1990-an dapat memungkinkan penurunan lebih lanjut dalam greenback.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah tempat Biden memutuskan untuk berkunjung terlebih dahulu. Diplomasi langsung ditunda karena pandemi tetapi ada nilai simbolis yang dalam dalam kunjungan pertama Presiden. Selama beberapa generasi, Presiden mengunjungi Kanada lebih dulu, tetapi George W Bush mematahkan rekor itu dengan kunjungan ke Meksiko. Pemberhentian pertama Trump adalah Arab Saudi dan itu menandakan pergeseran ke sikap pro-Saudi, anti-Iran.

Saat ini, baik Meksiko, Arab Saudi dan Iran akan menunggu sinyal awal tentang apa prioritas perdagangan Biden nantinya.

Tentu saja, hubungan perdagangan terbesar di dunia adalah AS dan China dan itulah pertanyaan kritis untuk pertumbuhan global dalam istilahnya. Secara politis, tidak mungkin untuk membatalkan semua langkah Trump, tetapi China pasti akan menawarkan cabang zaitun. Pada akhirnya, itu akan menjadi tarian yang paling sulit dari Kepresidenannya dan yang sulit untuk diprediksi.