Emas

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Emas bergerak lebih tinggi dalam perdagangan di hari Rabu (21/01/2021) karena Yellen mendukung rencana stimulus Biden. Pelemahan Dolar AS kekhawatiran yang semakin jelas juga meningkatkan harga emas. Kenaikan lebih lanjut, perlu dikonfirmasi Emas saat bisa mencapai harga diatas $1840 per troy ons.

Pada perdaganga di hari Selasa, harga emas mampu berakhir di sekitar harga $ 1840 oleh dukungan melemahnya dolar AS akibat prospek stimulus tambahan. Sebagaimana dikabarkan Reuters, bahwa calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen mendukung stimulus besar dalam kesaksiannya di depan Senat, meningkatkan saham di samping suasana pasar.

Lingkungan berisiko merusak daya tarik safe-haven dolar AS. Kelemahan dalam imbal hasil Treasury AS juga menguntungkan emas yang tidak memberikan hasil.

Di hari Rabu, Joe Biden akan disumpah sebagai Presiden AS ke 46 dan pidato pengukuhannya akan diawasi dengan cermat untuk petunjuk baru tentang stimulus fiskal dan arah emas selanjutnya.

Logam Mulia akan terus mendukung seruan untuk lebih banyak pengeluaran fiskal di bawah pemerintahan Biden dan kasus covid-19 yang berkembang di AS. Namun, reli risk-on di saham global kemungkinan bisa membatasi kenaikan logam.