Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Pembacaan cepat dari angka indeks pembelian tingkat manajer di sektor manufaktur pada kawasan zona euro naik ke tertinggi 3-bulan 46,6 pada November, naik dari 45,9 pada Oktober. Angka PMI ini sedikit di atas konsensus ekonom yang disusun FactSet untuk konsensus 46,4, tetapi di bawah level 50, menunjukkan manajer pembelian melaporkan kondisi kontraksi.

Sementara itu, Indek PMI Sektor Jasa turun ke level terendah 10-bulan 51,5 pada November dari 52,2, yang berada di bawah ekspektasi ekonom untuk pembacaan 52,4. Demikian data-data ekonomi terkini yang disampaikan oleh IHS Markit pada Jumat (22/11/2019).

Sektor Manufaktur tetap dalam penurunan paling dalam selama enam tahun di tengah-tengah kesengsaraan perdagangan yang sedang berlangsung, dan bulan November terlihat tanda-tanda lebih lanjut dari pelemahan ke sektor jasa, terutama melalui pertumbuhan lapangan kerja yang lebih lambat,” kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit.

Perkiraan cepat ini biasanya didasarkan pada sekitar 85% dari jumlah balasan akhir yang diterima setiap bulan. (Lukman Hqeem)