Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas naik di bursa berjangka pada perdagangan di hari Kamis (10/09/2020), siap untuk mencetak keuntungan sesi ketiga berturut-turut, karena penguatan euro setelah keputusan Bank Sentral Eropa untuk membiarkan kebijakannya tidak berubah menekan dolar AS.

Bank Sentral Eropa membiarkan kebijakannya tidak berubah pada minus 0,5% dan suku bunga refinancing pada 0%, sementara menegaskan kembali rencananya untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat sekarang atau lebih rendah sampai inflasi naik untuk menyatu dengan targetnya pada 2%.

Dalam konferensi pers, Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan Dewan Pemerintahan “secara ekstensif” membahas kekuatan mata uang bersama baru-baru ini, tetapi menegaskan kembali bahwa bank tidak menargetkan nilai tukar. Sebuah laporan Bloomberg, sementara itu, mengatakan bahwa anggota dewan telah setuju untuk tidak bereaksi berlebihan terhadap penguatan euro.

ECB telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada lagi kebutuhan untuk bantuan tambahan. Bagi para pedagang, kepercayaan ECB terhadap ekonomi Zona Euro adalah hal yang baik dan inilah alasan mengapa kami telah melihat EURUSD bergerak lebih tinggi. Dalam perdagangan Kamis, EURUSD, diperdagangkan naik 0,5% pada $ 1,1861. Perlu dilihat pula bahwa Indek Dolar AS turun 0,2% menjadi 93,188.

Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Desember naik $ 9,40, atau 0,5%, untuk menetap di $ 1.964,30 per ounce, mengikuti kenaikan di masing-masing dari dua sesi terakhir.

Tidak ada cara untuk memprediksi pergerakan jangka pendek, tetapi investor emas harus menjaga beberapa bubuk kering ketika peluang membeli datang dalam beberapa minggu mendatang, idealnya di sekitar level $ 1.830.

Data ekonomi AS terkini menyebutkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran melalui program negara bagian dan federal pada pekan yang berakhir 5 September tidak berubah pada 884.000 yang disesuaikan secara musiman, kata Departemen Tenaga Kerja. Namun, klaim pengangguran yang terus berlanjut, jumlah orang yang telah menerima tunjangan naik 93.000 menjadi 13,39 juta yang disesuaikan secara musiman dalam tujuh hari yang berakhir pada 29 Agustus.

Kumpulan data ekonomi yang beragam menegaskan bahwa ada pemulihan bertahap untuk AS. ekonomi. Namun, tidak ada yang membaik dan inilah alasan kami melihat peningkatan harga emas. Kemungkinan bagian bawah berada di dalam harga emas dan kemungkinan akan terus bergerak lebih tinggi.