Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas berjuang untuk memperpanjang langkah pemulihan sejak Senin malam, namun baru-baru ini telah turun ke $ 1.711, di awal sesi Asia pada hari Selasa (30/03/2021). Emas turun paling tajam dalam empat minggu terakhir untuk menguji level terendah sejak 12 Maret di tengah penguatan dolar AS. Padahal, kurangnya katalis utama tampaknya telah membatasi pergerakan emas batangan saat ini.

Risiko berkurang di tengah berita lama yang sama. Dengan berita yang menyarankan AS dan Jepang untuk membicarakan Taiwan, pergumulan China-Amerika kemungkinan akan membebani suasana risk-on setelah Beijing dengan keras mengkritik pendekatan Barat pada hari sebelumnya. Ini mengikuti penolakan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai atas pelonggaran tarif di China serta mencari hubungan perdagangan yang “lebih positif dan produktif” dengan UE.

Di tempat lain, optimisme atas rencana infrastruktur senilai $ 3,0 triliun dari Presiden AS Joe Biden memudar di tengah perbincangan kenaikan pajak sementara virus corona (COVID-19) muncul kembali di Uni Eropa (UE) dan seruan kerugian $ 20 miliar karena kesalahan manajer hedge fund membebani sentimen.

Sementara itu, perkembangan vaksin yang optimis dan harapan untuk stimulus lebih lanjut, serta kerja sama antara Prancis, Jerman, dan Inggris selama pertempuran covid-19, mendukung suasana risk-on. Selain itu, sinyal awal untuk laporan ketenagakerjaan AS hari Jumat menunjukkan hasil yang optimis, yang pada gilirannya mendukung suasana hati.

Di tengah permainan ini, S&P 500 Futures mencetak kenaikan ringan tetapi penguatan indek dolar AS dan imbal hasil Treasury 10-tahun menggambarkan sentimen beragam.

Ke depan, peluang resiko akan menjadi katalis guna menjaga arah pergerakan kursi pengemudi sementara pergerakan dolar AS dan imbal hasil Treasury akan menjadi kunci di tengah kalender yang ringan.

Pada perdagangan emas hari ini, nampak logam mulia tengah menuju harga psikologis bawah di $1700. Terbosan harga ini akan membuka peluang koreksi harga lebih lanjut ke $1690. Sementara untuk menguat kembali, harga emas tertantang untuk bisa menembus dan bertahan diatas $1710. Perebutan harga disini akan membuka harapan harga emas bangkit kembali dengan tujuan naik ke $1715 hingga ke $1725. Ini akan menjadi ujian bagi komitmen para Bulls.