Investor menunggu sikap China terkini setelah AS kembali menerapkan tarif baru yang efektif minggu depan. (Lukman Hqeem)

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar AS mengalami tekanan dan melemah paska pertemuan Bank Sentral AS berakhir, dilanjutkan dengan paparan singkat dari Gubernur Bank Sentral Jerome Powell pada Rabu (28/04/2021). Hal ini membantu pasangan GBP/USD untuk mendapatkan traksi positif kembali.

The Fed menenangkan kegelisahan investor seputar potensi pengurangan pembelian aset. Investor sekarang menantikan laporan PDB Kuartal 1 AS untuk beberapa dorongan yang berarti.

Pasangan GBP/USD memiliki beberapa pergerakan harga dua arah yang baik pada hari Rabu dan dipengaruhi oleh kombinasi kekuatan divergen. Pound Inggris terbebani oleh kebisingan politik di tengah kontroversi pengaturan pendanaan untuk apartemen resmi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Faktor negatif, dalam skala yang lebih besar, diimbangi oleh optimisme atas pembukaan kembali ekonomi Inggris secara bertahap. Ini, bersama dengan munculnya beberapa aksi jual baru di sekitar dolar AS, membantu pasangan untuk dengan cepat membalikkan penurunan intraday ke area 1,3860.

Dolar AS berjuang untuk mempertahankan kenaikan intraday sederhana, sebagai gantinya menyaksikan beberapa aksi jual besar-besaran selama bagian akhir dari aksi perdagangan sebagai reaksi terhadap pesan dovish Fed. Bank sentral AS mengambil pandangan yang lebih optimis dari pemulihan ekonomi tetapi mengulangi bahwa masih terlalu dini untuk mempertimbangkan menarik kembali dukungan darurat.

Dalam konferensi pers pasca-pertemuan, Jerome Powell berjanji untuk melihat melalui lonjakan sementara dalam inflasi dan menegaskan kembali bahwa kemajuan substansial lebih lanjut diperlukan sebelum kami mengurangi pembelian aset.

Penurunan Dolar AS pasca-FOMC ke posisi terendah dua bulan dipandang sebagai faktor kunci di balik pergerakan positif intraday yang kuat dari pasangan ini sekitar 90 pips. Momentum diperpanjang melalui sesi Asia pada hari Kamis dan mendorong pasangan ini ke puncak lebih dari satu minggu.

Ini menandai hari kelima berturut-turut dari pergerakan positif, meskipun tidak ada tindak lanjut yang kuat. Dengan tidak adanya data ekonomi penggerak pasar utama dari Inggris, pasangan tetap bergantung pada dinamika harga Dolar AS. Oleh karena itu, fokus utamanya adalah pada rilis laporan PDB AS per kwartal selanjutnya.

Estimasi pertama diharapkan untuk menunjukkan bahwa ekonomi terbesar di dunia berkembang pada kecepatan tahunan 6,5% yang kuat selama kuartal pertama 2021. Mengingat bahwa pasar memiliki reaksi yang agak tidak bersuara terhadap pengungkapan paket stimulus Presiden AS Joe Biden sebesar $ 1,8 triliun, sebagian besar cetakan PDB in-line mungkin tidak berbuat banyak untuk mengesankan bull USD. Hal ini, pada gilirannya, menunjukkan bahwa jalur dengan resistensi terkecil untuk pasangan tersebut adalah naik. Meskipun demikian, masih bijaksana untuk menunggu beberapa tindak lanjut pembelian yang kuat sebelum memposisikan diri untuk langkah apresiasi lebih lanjut.

Secara teknis, pergerakan berkelanjutan semalam di luar wilayah 1,3925-30 mungkin telah menggeser bias jangka pendek kembali mendukung pedagang bullish. Kekuatan berikutnya melebihi angka psikologis 1.4000 akan menegaskan kembali pandangan konstruktif dan membuka jalan untuk keuntungan tambahan. Pasangan ini kemudian mungkin bertujuan untuk menguji rintangan menengah di dekat wilayah 1,4080 sebelum akhirnya melesat ke angka 1,4100 dalam perjalanan penutupan tertinggi harian 2021 dekat wilayah 1,4135-40.

Di sisi lain, breakpoint resisten 1,3930-25 sekarang tampaknya melindungi sisi bawah langsung. Ini diikuti oleh tanda 1,3900, di bawahnya pasangan bisa meluncur kembali ke posisi terendah ayunan semalam, di sekitar wilayah 1,3860. Beberapa penjualan lanjutan akan meniadakan prospek untuk keuntungan lebih lanjut dan mengubah pasangan menjadi rentan. support relevan berikutnya dipatok di dekat wilayah 1,3825-30 menjelang angka bulat 1,3800.