Euro masih turun setelah Dolar AS menunjukkan sisi-sisi penguatannya kembali.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar terkurung dalam kisaran sempit pada hari Jumat, didukung oleh arus safe-haven ketika kebangkitan wabah di Amerika Serikat membuat beberapa investor enggan mengambil risiko berlebihan.

Sementara itu, yuan bertahan stabil setelah data menunjukkan rebound kuat di sektor jasa China. Investor menghindari posisi besar karena kekhawatiran tentang gesekan diplomatik antara Washington dan Beijing karena kebebasan sipil di Hong Kong.

Perekonomian AS menambahkan lebih banyak pekerjaan dari yang diharapkan pada bulan Juni, data menunjukkan pada hari Kamis, tetapi reaksi di pasar mata uang telah diredam karena lonjakan lain dalam infeksi virus corona mengancam untuk sekali lagi menghentikan kegiatan ekonomi.

Infeksi baru di AS telah meningkat sejak Juni,” kata Junichi Ishikawa, ahli strategi valuta asing senior di IG Securities. “Pasar lebih condong ke arah membeli dolar, terutama terhadap mata uang pasar berkembang, karena dolar dianggap sebagai aset teraman di sekitar.”

Terhadap euro, dolar diperdagangkan pada $ 1,1243 pada hari Jumat (03/06/2020)di Asia. Pound Inggris diperdagangkan pada $ 1,2465 dan mencapai 90,20 pence per euro. Dolar sedikit berubah pada 107,57 yen.

Gelombang infeksi coronavirus telah mendorong penghentian atau mengayuh mundur pada rencana untuk membuka kembali kegiatan ekonomi di beberapa AS. menyatakan setelah penguncian ketat berbulan-bulan.

Para pejabat juga mengambil langkah-langkah untuk membatasi kegiatan selama liburan akhir pekan Hari Kemerdekaan yang diperpanjang mulai Jumat.

Perdagangan dalam mata uang Asia lainnya pada hari Jumat ditundukkan sebelum AS liburan, tetapi analis mengatakan sentimen lebih menyukai kenaikan dolar karena investor berubah hati-hati.

Hubungan antara Amerika Serikat dan Cina juga dalam fokus.

Amerika Serikat. Senat dengan suara bulat menyetujui undang-undang pada hari Kamis untuk menghukum bank yang melakukan bisnis dengan pejabat Cina yang menerapkan undang-undang keamanan nasional baru Beijing untuk Hong Kong, meningkatkan kemungkinan gesekan lebih lanjut antara dua negara ekonomi terbesar di dunia.

Yuan yang diperdagangkan onshore berada di 7,0665, sedikit bergerak setelah data menunjukkan sektor jasa China diperluas pada Juni pada tingkat tercepat dalam lebih dari satu dekade.

Dolar Australia bertahan stabil di $ 0,6921 setelah data mengkonfirmasi penjualan ritel yang rebound dengan rekor pada bulan Mei.