Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Bursa saham S&P 500 berakhir sedikit di zona merah pada hari Senin, dengan saham bank jatuh di tengah peringatan potensi kerugian dari default dana lindung nilai pada panggilan margin, sementara optimisme atas ekonomi membatasi penurunan hari itu. Sementara Dow Jones berakhir lebih tinggi, dimana saham pembuat pesawat Boeing Co naik 2,3% setelah perusahaan mencapai kesepakatan dengan maskapai penerbangan murah AS Southwest Airlines Co untuk varian pesawat 737 MAX.

Nomura dan Credit Suisse menghadapi kerugian miliaran dolar setelah dana lindung nilai AS, yang dinamai oleh sumber sebagai Archegos Capital, gagal dalam panggilan margin, membuat investor gelisah tentang siapa lagi yang mungkin tertangkap. Saham bank-bank besar AS dan bahkan bank regional jatuh di berita. Indeks saham KBW Nasdaq Bank berakhir 2,3% lebih rendah setelah jatuh hampir 3,5% selama sesi. Pasar masih mencari apakah atau tidak, dan bank Amerika mana yang mungkin terpengaruh kejadian ini. Sejauh ini pasar telah menerima (berita) dengan tenang.

Indek bursa mengakhiri level terendah hari itu. Optimisme tentang vaksinasi cepat dan rekor stimulus, yang mendorong Dow dan S&P 500 ke rekor penutupan tertinggi pekan lalu, membantu menjaga pasar tetap rendah bersama dengan perkiraan optimis untuk pendapatan yang akan datang. Dow Jones naik 98,49 poin, atau 0,3% menjadi 33.171,37, S&P 500 kehilangan 3,45 poin, atau 0,09% menjadi 3.971,09 dan Nasdaq turun 79,08 poin, atau 0,6% menjadi 13.059,65.

Discovery Inc, ViacomCBS, saham Baidu dan VIPShop yang terdaftar di AS, semuanya terkait dengan Archegos, jatuh, memperpanjang kerugian baru-baru ini. Nasdaq berada di jalur yang tepat untuk mencatat penurunan bulanan pertama dalam lima bulan. Investor juga dapat menyesuaikan kepemilikan mereka untuk “window dressing” kuartal akhir. Volume di bursa AS adalah 11,02 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 13,6 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Jumlah saham yang turun melebihi jumlah yang naik di NYSE dengan rasio 1,93 banding 1; di Nasdaq, rasio 3,12 banding 1 mendukung penurunan. S&P 500 membukukan 71 tertinggi baru dalam 52 minggu dan tidak ada posisi terendah baru; Nasdaq mencatat 88 tertinggi baru dan 54 terendah baru.