Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga meningkat minggu lalu, meningkatkan kemungkinan bulan kedua berturut-turut dari pertumbuhan pekerjaan hangat meskipun infeksi COVID-19 baru menurun. Dalam laporan klaim pengangguran mingguan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis (18/02/2021), data paling tepat waktu tentang kesehatan ekonomi, dapat menambah dorongan pada dorongan Presiden Joe Biden untuk paket $ 1,9 triliun untuk membantu pemulihan dari pandemi.

Setidaknya 18,3 juta orang Amerika menerima cek pengangguran pada akhir Januari. Manfaat yang didanai pemerintah untuk jutaan orang ini akan berakhir pada pertengahan Maret kecuali Kongres menyetujui rencana pengeluaran pemerintahan Biden.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara bagian meningkat 13.000 menjadi 861.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir Februari. 13. Data untuk minggu sebelumnya direvisi untuk menunjukkan 55.000 lebih banyak aplikasi yang diterima daripada yang dilaporkan sebelumnya. Ada lonjakan besar dalam pengajuan di California dan Illinois, sementara klaim di Ohio tetap tinggi.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 765.000 aplikasi dalam minggu terakhir. Banyak yang bingung dengan peningkatan klaim mingguan kedua berturut-turut, mengingat kasus virus korona yang menurun, pencairan hampir $ 900 miliar bantuan penyelamatan tambahan oleh pemerintah pada akhir Desember dan paket stimulus besar-besaran Gedung Putih yang tertunda.

Data tepat waktu telah menunjukkan perbaikan dalam aktivitas ekonomi, dengan penjualan ritel melonjak paling tinggi dalam tujuh bulan di bulan Januari. Sebuah survei Conference Board pada hari Kamis menunjukkan hanya 12% dari CEO di kuartal pertama mengantisipasi pengurangan tenaga kerja mereka selama 12 bulan ke depan, turun dari 34% di periode sebelumnya.

Bursa saham di Wall Street diperdagangkan lebih rendah. Dolar tergelincir terhadap sekeranjang mata uang AS sementara harga obligasi turun.

Beberapa kenaikan klaim bisa jadi terkait dengan penutupan sementara pabrik mobil yang dimulai minggu lalu karena kekurangan chip semikonduktor global. General Motors mengumumkan akan menghentikan produksi sepenuhnya di pabrik Fairfax di Kansas City selama minggu depan.  Klaim bisa tetap lebih tinggi setelah badai musim dingin menghantam Texas dan beberapa bagian Selatan minggu ini.

Pengajuan untuk program yang didanai pemerintah untuk wiraswasta, pekerja pertunjukan, dan lainnya yang tidak memenuhi syarat untuk program negara reguler melonjak 174.427 menjadi 516.299 minggu lalu, yang oleh para ekonom disalahkan atas penipuan di Ohio. Termasuk program ini, 1,4 juta orang mengajukan klaim pada pekan lalu.

Klaim tetap berada di atas puncak 665.000 selama Resesi Hebat 2007-2009, meskipun di bawah rekor 6.867 juta yang dilaporkan Maret lalu ketika pandemi melanda Amerika Serikat.

Data klaim minggu lalu mencakup periode di mana pemerintah mensurvei bisnis untuk bagian nonpertanian dari laporan ketenagakerjaan Februari. Meskipun klaim belum memberikan sinyal yang baik tentang pertumbuhan lapangan kerja karena guncangan yang disebabkan oleh pandemi, terus bertambahnya pengajuan sejalan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang lemah.

Ekonomi menciptakan 49.000 pekerjaan pada Januari setelah kehilangan 227.000 pada Desember, penurunan gaji pertama dalam delapan bulan. Sekitar 12,3 juta dari 22,2 juta pekerjaan yang hilang selama pandemi telah pulih. Kantor Anggaran Kongres memperkirakan lapangan kerja tidak akan kembali ke tingkat sebelum pandemi sebelum tahun 2024.

Kelesuan pasar tenaga kerja kemungkinan besar mencegah percepatan inflasi yang diantisipasi tahun ini menjadi masalah. Laporan kedua dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan harga impor meningkat paling tinggi dalam hampir sembilan tahun di bulan Januari, terangkat oleh harga yang lebih tinggi untuk produk energi dan melemahnya dolar.

Tetapi ekonomi terus membaik, dengan pasar perumahan dan manufaktur sebagai bahan dukungan utama.

Dalam laporan ketiga, Departemen Perdagangan mengatakan izin untuk pembangunan rumah di masa depan melonjak 10,4% ke tingkat 1,881 juta unit pada Januari, level tertinggi sejak Mei 2006.

Pasar perumahan telah mengungguli sektor ekonomi lainnya selama pandemi, didukung oleh tingkat hipotek yang lebih rendah dan permintaan akan akomodasi yang luas untuk kantor rumah dan sekolah.

Laporan keempat dari Federal Reserve wilayah Philadelphia menunjukkan indeks kondisi bisnisnya merosot ke pembacaan yang masih solid di 23,1 bulan ini dari 26,5 pada Januari di tengah penurunan pesanan dan pengiriman baru. Tetapi pabrik-pabrik di wilayah yang meliputi bagian timur Pennsylvania, bagian selatan New Jersey, dan Delaware meningkatkan lapangan kerja dan menambah jam kerja bagi para pekerja.