harga Emas terperosok kedalam posisi terendah di tahun ini.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas naik pada perdagangan hari Kamis (29/04/2021) didukung oleh janji Federal Reserve AS untuk mempertahankan kebijakan moneter mereka yang mudah, dengan sejumlah kebijakan untuk membantu pemulihan ekonomi, sementara pelemahan dolar AS semakin mengencangkan laju kenaikan harga emas.

Pada perdagangan di pasar spot, harga emas naik 0,2% menjadi $ 1,784.94 per troy ons, setelah turun ke $ 1.762 di sesi sebelumnya, ini merupakan harga terendah sejak 16 April. Sementara dalam perdagangan Emas di bursa berjangka AS, harganya naik 0,6% menjadi $ 1.784,50 per ons. Indeks dolar AS sendiri turun tipis 0,1% terhadap saingannya, meningkatkan daya tarik emas bagi pemegang mata uang selain dolar AS.

Federal Reserve sebagaimana diperkirakan akan menahan suku bunga dalam pertemuan berkala selama dua hari yang  berakhir pada Rabu (28/04/2021). Fed juga memutuskan untuk tetap menjalankan program pembelian obligasi yang stabil meskipun mereka juga memiliki pandangan yang lebih cerah tentang pemulihan ekonomi AS.

Gubernur Jerome Powell mengatakan bahwa inflasi yang akan datang hampir pasti mengalami kenaikan begitu saja, dan tidak menyajikan jenis masalah terus-menerus yang akan memaksa file bank sentral untuk mulai menaikkan suku bunga lebih cepat dari diharapkan.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden berencana untuk mengungkap $ 1,8 triliun paket untuk keluarga dan pendidikan dalam pidato pertamanya ke Kongres.

Harga Emas cenderung mendapat keuntungan dari langkah-langkah stimulus yang meluas dari bank sentral karena dipandang sebagai lindung nilai inflasi.

Data ekonomi AS terkini menunjukkan bahwa defisit perdagangan melonjak mencapai rekor tertinggi di bulan Maret, menunjukkan perdagangan merupakan hambatan ekonomi pertumbuhan di kuartal pertama, tapi kemungkinan itu diimbangi oleh permintaan domestik yang kuat di tengah bantuan pemerintah yang sangat besar.