Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas turun tipis pada perdagangan di hari Jumat (30/04/2021) dimana imbal hasil Treasury AS yang lebih tinggi mengurangi daya tarik logam. Pada perdagangan di pasar spot, harga emas turun 0,2% menjadi $ 1.767,12 per troy ons. Sementara dalam perdagangan di bursa saham berjangka AS stabil pada $ 1.768,30 per troy ons.

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik menjadi tinggi lebih dari dua minggu di sesi sebelumnya, meningkat biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan hasil.

Sementara pertumbuhan ekonomi AS dipercepat pada kuartal pertama sebagai pemerintah memberikan uang kepada sebagian besar rumah tangga berpenghasilan rendah, mendorong belanja konsumen dan menetapkan arah untuk apa adanya uat tahun ini hampir empat dekade.

Sebagaimana diberitakan bahwa Presiden AS Joe Biden mengusulkan $ 1,8 triliun rencana baru untuk keluarga dan pendidikan dalam pidato bersama sesi Kongres.

Data ekonomi menunjukkan produksi industri Jepang membukukan peningkatan yang mengejutkan di bulan Maret, seiring lonjakan produksi mobil membantu menjaga ekonomi pemulihan dari kemerosotan virus korona tahun lalu di jalurnya.

Permintaan emas China 2021 akan mengalami pertumbuhan tahunan dan kemauan kembali ke tingkat sebelum pandemi jika tidak ada perubahan dramatis ke situasi ekonomi dan geo-politik global, demikian ungkap salah seroang pejabat dari Dewan Emas Dunia (WGC) pada hari Kamis.

Sementara itu, sudah lebih dari 149,67 juta orang dilaporkan terinfeksi oleh novel coronavirus secara global dan 3.290.675 orang tewas, menurut penghitungan Reuters.