Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dalam satuan Euro, harga emas mencapai rekor tertinggi sepanjang masa dimana sepanjang tahun ini saja naik 10.

Grafik harian RSI telah melanggar divergensi bearish. Kombinasi dari reli harga emas dalam dolar AS (XAUUSD) dan aksi jual EURUSD telah mendorong logam mulia ke rekor tertinggi dalam mata uang Euro. XAUEUR saat ini diperdagangkan di 1,490 per Oz, setelah mencapai tertinggi seumur hidup 1,494 selama perdagangan semalam.

Dalam perdagangan XAUUSD, emas naik ke tertinggi baru tujuh tahun $ 1.613 sebelumnya hari ini, mengambil kenaikan kumulatif tahun-ke-tanggal menjadi lebih dari 5%. Khususnya, harga-harga telah meningkat lebih dari 4 persen dari $ 1.547 menjadi di atas $ 1.600 selama dua minggu terakhir karena kekhawatiran akan wabah Corona.

Sementara itu, EURUSD jatuh ke posisi terendah multi-tahun di bawah 1,08 pada hari Rabu, setelah berada di atas 1,1240 pada akhir Desember. Akibatnya, XAUEUR telah naik lebih dari 10 persen sepanjang tahun ini. Indeks kekuatan relatif grafik harian (RSI) melaporkan kondisi overbought dengan cetakan di atas-70. Namun, grafik harga tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan pembeli. Karena itu, unjuk rasa dapat dilanjutkan.

Faktanya, RSI telah naik melewati trendline menurun, membatalkan validasi bearish yang dikonfirmasi pada akhir Januari. Divergensi bearish yang gagal adalah sinyal bullish yang kuat.