Harga emas naik seiring ketakutan pasar akan perang dagang yang dipicu oleh pernyataan Trump

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas naik pada perdagangan di hari Jumat (23/04/2021) dan terus berlanjut untuk menciptakan kinerja kenaikan sepanjang tiga pekan beruntun. Dorongan kenaikan didapatkan dari melemahnya Dolar AS dan imbal hasil Treasury AS. Di sisi lain, para pelaku pasar memilih menunggu hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve AS dalam minggu terakhir di bulan April.

Harga emas di pasar spot naik 0,4% menjadi $ 1.790,65 per troy ons, setelah melonjak ke level tertinggi sejak 25 Februari di $ 1.797,67 pada hari Kamis, dan sejauh ini telah naik 0,8% minggu ini.  Sementara dalam perdagangan di bursa saham berjangka AS naik 0,4% menjadi $ 1.789.40.

Perhatian pasar beralih ke The Fed seperti yang kami lakukan baru-baru ini melihat peningkatan yang signifikan dalam data AS. Itu meningkatkan spekulasi bahwa Fed mungkin menandakan niatnya untuk mengurangi langkah-langkah stimulus daruratnya dalam beberapa bulan mendatang.

Ada unsur keragu-raguan karena orang-orang hanya menunggu untuk melihat apa yang dikatakan Fed sebelum secara tegas melangkah ke dalam sisi panjang.

Imbal hasil Obligasi AS 10-tahun turun menjadi 1,54%, sedangkan dolar turun 0,3%.

Pertemuan The Fed berikutnya berakhir pada 28 April, dan sementara tidak ada pertemuan utama

perubahan kebijakan diharapkan, investor membayar hampir memperhatikan setiap komentar tentang kemungkinan pengurangan moneter pelonggaran di masa depan.

Kenaikan inflasi yang akan datang pada April-Mei 2021 akan menjadi yang terbesar kemungkinan akan mempertahankan harga emas didukung dalam waktu dekat. Namun, harga akan menemukan resistensi yang kuat di $ 1,850 per troy ons dan akan berjuang untuk menembus di atas level ini tekanan inflasi akan bersifat sementara menurut pandangan kami.

Data menunjukkan aktivitas pabrik AS semakin maju di awal April, memberikan tumpangan ke Wall Street, sementara rebound di rumah baru penjualan melebihi ekspektasi di bulan Maret.

Meski harga lebih rendah pada hari Jumat, faktor yang mendasari seperti arus masuk safe-haven karena pandemi, kemungkinannya kenaikan inflasi, menurunkan suku bunga lebih lama dan teknis pendukung membuat kasus untuk memegang emas.