Investor melakukan aksi ambil untung, membuat harga emas terkoreksi.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Emas dalam perdagangan di bursa berjangka naik pada Selasa (21/07/2020) menetap di level tertinggi hampir sembilan tahun, dimana logam mulia terangkat oleh kesepakatan Uni Eropa tentang rencana penyelamatan fiskal dan ekspektasi pengeluaran tambahan pemerintah AS dalam menangani Covid-19.

Para pemimpin Uni Eropa mengakhiri pertemuan puncak empat hari yang sangat meletihkan dengan kesepakatan mengenai paket anggaran dan dana penyelamatan € 1,8 triliun ($ 2,1 triliun) yang bertujuan menopang perekonomian yang paling terpukul setelah pandemi COVID-19. Kesepakatan UE juga memberikan dukungan untuk ekuitas, dimana indeks saham patokan A.S. menuju lebih tinggi di Wall Street. Namun, emas, aset surga tradisional, juga didorong oleh ekspektasi upaya stimulus fiskal dapat memicu inflasi dan menyebabkan melemahnya dolar AS.

Dolar yang lebih lemah dapat menjadi positif untuk komoditas dengan harga dalam mata uang, menjadikannya lebih murah bagi pengguna mata uang lainnya. Dalam transaksi Selasa, Indeks Dolar AS turun hampir 0,8% pada level 95,10, terendah sejak Maret.

Kombinasi sentiment dana pemulihan Uni Eropa dengan dimulainya negosiasi paket stimulus AS lainnya memberikan latar belakang yang kuat untuk emas melakukan kenaian. Harga emas untuk kontrak pengiriman Agustus di bursa Comex naik $ 26,50, atau 1,5%, menjadi $ 1.843,90 per ounce, setelah menyentuh tertinggi $ 1.844,80. Harga berdasarkan pada kontrak paling aktif, belum diperdagangkan atau diselesaikan pada level setinggi ini sejak September 2011, menurut Dow Jones Market Data.

Paket fiskal Bank Sentral Eropa hadir untuk memberikan dukungan moneter yang luas. Kebijakan ini selaras  dengan sejumlah bank sentral utama lainnya di seluruh dunia. Di AS, pembicaraan akan memulai rencana bantuan virus berikutnya, yang bisa melihat setidaknya tambahan $ 1 triliun ditambahkan ke langkah-langkah stimulus sebelumnya – terutama karena beberapa langkah yang ada akan berakhir.