Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga barang China di tingkat produsen naik dari tahun lalu pada bulan Januari untuk pertama kalinya selama 12 bulan terakhir pada tingkat tercepat sejak Mei 2019. Ini merupakan data resmi dari pemerintah yang diumumkan pada hari Rabu (10/02/2021). Dengan hasil ini, menunjukkan adanya momentum pertumbuhan di China.

Indeks harga produsen (PPI) naik 0,3% dari tahun sebelumnya, Biro Statistik Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, tetapi sedikit tertinggal dari kenaikan 0,4% yang dipicu oleh jajak pendapat analis Reuters. PPI turun 0,4% di bulan Desember.

Ekonomi China diperkirakan akan tumbuh 8,4% tahun ini, menyusul kenaikan 2,3% pada tahun 2020 setelah pandemi COVID-19 yang memaksa negara itu tutup hampir sepanjang kuartal Maret tahun lalu. Tetapi kambuhnya penyakit bulan lalu, meskipun sebagian besar terisolasi di provinsi Hebei di sekitar Beijing dan provinsi timur laut, menimbulkan kekhawatiran tentang gangguan sementara pada produksi.

Beberapa otoritas regional meluncurkan tindakan keras termasuk karantina rumah dan pembatasan perjalanan untuk menahan wabah terburuk di negara itu sejak Maret 2020.

Aktivitas pabrik China tumbuh paling lambat dalam lima bulan pada bulan Januari, data resmi menunjukkan, yang mencerminkan dampak wabah pada produksi serta layanan termasuk logistik dan transportasi saat negara itu berusaha menahan COVID-19 menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

China tidak merilis beberapa kumpulan data utama seperti perdagangan, hasil industri, dan penjualan ritel untuk Januari, dan sebaliknya, laporan menggabungkan angka Januari-Februari di bulan Maret, meninggalkan pasar dengan poin data yang lebih sedikit untuk menilai kesehatan ekonomi.

Indeks harga konsumen (CPI) secara tak terduga turun 0,3% pada Januari dari tahun sebelumnya, kata biro statistik dalam pernyataan terpisah, dibandingkan dengan tidak ada perubahan yang ditunjukkan oleh jajak pendapat Reuters dan kenaikan 0,2% pada Desember.