Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Saham berakhir lebih tinggi pada hari Rabu, setelah Federal Reserve meninggalkan suku bunga acuan tidak berubah mendekati nol dan Ketua Fed Powell menegaskan kembali janjinya untuk memberikan dukungan sampai ancaman virus corona terhadap ekonomi A.S. telah berlalu. Sementara itu, audiensi Capitol Hill dengan para eksekutif puncak perusahaan teknologi paling kuat di dunia juga menjadi fokus, bersama dengan pertengkaran atas bantuan virus corona dan membanjirnya laporan pendapatan perusahaan blue-chip. Indek Dow Jones berakhir naik 160,29 poin, atau 0,6%, pada 26.539,57, sedangkan S&P 500 naik 40 poin, atau 1,2%, ditutup pada 3,258.44. Nasdaq naik 140,85 poin, atau 1,4%, berakhir pada 10.542,94.

Saham bersorak keputusan Federal Reserve untuk membiarkan suku bunga acuannya tidak berubah mendekati nol dan janji Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell sekali lagi untuk memberikan stimulus sampai ekonomi telah melewati pandemi. Powell mencatat bahwa rumah tangga dan pasar pekerjaan telah sedikit meningkat sejak Mei karena negara itu membuat kemajuan terhadap guncangan terbesar terhadap ekonomi A.S. “dalam memori hidup,” tetapi juga memperingatkan bahwa meningkatnya kasus virus coronavirus di banyak negara sekarang mengancam laju pemulihan. “Kebijakan fiskal sangat penting di sini,” kata Powell dalam konferensi pers sore, di mana ia menegaskan bahwa The Fed tidak memiliki rencana untuk mengendalikan serangkaian fasilitas pinjaman darurat untuk menjaga kredit mengalir, dan juga mendorong anggota Kongres untuk memberikan bantuan tambahan virus coronavirus.

Investor berharap Partai Republik, Demokrat dan Gedung Putih dapat menyepakati bantuan virus corona tambahan menjelang berakhirnya akhir bulan manfaat tambahan pengangguran yang telah dikreditkan dengan membantu melindungi pukulan ekonomi dari pandemi. Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pemerintahan Trump dan Demokrat masih jauh terpisah dari RUU stimulus fiskal yang diusulkan. Para investor juga mengikuti kesaksian di Washington dari kepala eksekutif negara yang paling menonjol di sektor teknologi, yang mengajukan pertanyaan sulit mengenai praktik bisnis mereka dan tuduhan mereka telah menggunakan kekuatan pasar mereka untuk menggagalkan persaingan, dalam sidang di depan Subkomite Antitrust Peradilan House.  Jeff Bezos dari Amazon.com Inc. memulai kesaksian, diikuti oleh Sundar Pichai mewakili Alphabet Inc., Tim Cook dari Apple Inc. dan Mark Zuckerberg dari Facebook Inc. Tema besar dalam audiensi ini, adalah bahwa platform ini menggunakan data yang melibatkan perusahaan lain pada platform mereka untuk membentuk pendekatan produk mereka sendiri.

Dalam minggu ini, akan menjadi minggu yang sibuk oleh sejumlah laporan pendapatan, termasuk dari General Electric Co. dan Boeing Co. Sementara data ekonomi AS terkini menunjukkan bahwa , defisit perdagangan barang turun menjadi $ 70,6 miliar pada Juni, penurunan 6,1% pada Juni dari bulan sebelumnya. Indeks penjualan rumah yang tertunda melonjak 16,6% bulan lalu, dibantu oleh suku bunga pinjaman yang rendah, dibandingkan dengan Mei, National Association of Realtors melaporkan Rabu.