Dolar - investor

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar Amerika Serikat (AS) beringsut lebih rendah dalam perdagangan berombak terhadap sejumlah mata uang pada hari Selasa (04/08/2020), reli baru-baru ini tertahan oleh aksi ambil untung, sementara para investor memantau pembicaraan di Washington pada putaran lain untuk bantuan pandemi COVID-19.

Setelah melakukan penurunan bulanan terbesar dalam satu dekade di bulan Juli, greenback memulai Agustus dengan catatan positif karena sebagian investor memangkas posisi jual. Tetapi prospek langsung untuk dolar AS tetap sebagian terkait dengan pembicaraan bantuan kemanusiaan di Washington dan dampak ekonomi dari kasus infeksi virus corona di AS.

Gedung Putih dan para pemimpin Kongres Demokratik telah melaporkan beberapa kemajuan dalam diskusi mengenai RUU bantuan coronavirus utama kelima, tetapi mereka tetap berbeda dalam sejumlah masalah.

Indeks Dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,16% setelah naik 0,6% selama dua sesi sebelumnya.

Sementara konsolidasi atau rebound korektif moderat tidak bisa dihindari setelah penurunan tajam bulan lalu, sentimen pasar terhadap dolar AS tetap negatif karena mendominasi kekhawatiran tentang skala pandemi COVID-19 di AS dan dampaknya yang menghancurkan pada ekonomi.

Meskipun terjadi perlambatan dalam kasus baru COVID-19 dan data pabrik yang membaik, para investor tetap khawatir tentang ekonomi AS. Poin data besar AS berikutnya adalah klaim pengangguran mingguan dan laporan ketenagakerjaan AS periode Juli di sesi terakhir minggu ini.