Defisit Neraca perdagangan AS.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Diawal bulan Maret, Departemen Perdagangan AS mengeluarkan data mengenai defisit neraca perdagangan A.S. yang melonjak naik 5% pada bulan Januari. Defisit kali ini mencapai level tertinggi hampir 10 tahun.

Kondisi defisit dalam perdagangan AS terus meningkat sejak Presiden Donald Trump naik menggantikan Barck Obama. Kondisi ini diperkirakan bisa semakin parah apabila AS berselisih dengan mitra dagang utamanya. Defisit pada Januari 16% lebih tinggi dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2017, saat Presiden Trump mulai menjabat.

Defisit perdagangan A.S. meningkat menjadi $ 56,6 miliar di bulan Januari dari $ 53,9 miliar di bulan Desember, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu. Para ekonom yang disurvei oleh MarketWatch telah meramalkan selisih $ 55,2 miliar.

Nilai ekspor turun 1,3%, sebagian besar mencerminkan penurunan besar dalam kategori volatile pengiriman pesawat komersial. Ekspor minyak, bahan kimia dan pasokan industri lainnya juga menurun. Sementara nilai impor tidak berubah pada $ 257,5 miliar. Kenaikan terbesar dalam impor minyak bumi dalam tiga tahun diimbangi oleh penurunan pada ponsel, chip komputer dan barang-barang konsumen lainnya. Impor tersebut biasanya turun setelah musim liburan Natal. Impor dan ekspor baja A.S., episenter pertengkaran perdagangan baru antara Gedung Putih dan belahan dunia lainnya, sedikit berubah.

Secara garis besar, defisit perdagangan A.S. yang tinggi merupakan titik tolak bagi Presiden Trump, yang berjanji untuk menurunkannya dengan tajam. Namun di tahun pertamanya di kantor, kesenjangan perdagangan benar-benar naik ke level tertinggi sembilan tahun sebesar $ 566 miliar, menunjukkan betapa sulitnya masalahnya.

Orang Amerika membeli lebih banyak impor sebagian karena ekonomi A.S. lebih kuat daripada di bagian lain dunia. Harga minyak tertinggi dalam tiga tahun merupakan sumber tren baru belakangan ini.

Trump ditetapkan untuk memberlakukan tarif kaku pada semua baja asing sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk mencapai tujuannya, namun keputusan mengejutkannya telah memicu reaksi balik dari mitra dagang utama seperti Kanada dan Eropa, sesama Republikan di Kongres dan setiap kelompok bisnis utama kecuali untuk industri baja.

Risiko pertarungan perdagangan yang lebih luas membuat investor syok meski ekonomi A.S. paling sehat di tahun-tahun mendatang. Perselisihan yang berkepanjangan bahkan bisa membatalkan beberapa manfaat ke A.S. dari pemotongan pajak perusahaan baru-baru ini yang menyandarkan agenda ekonomi Trump White House.

Kenaikan defisit perdagangan ke level sembilan tahun … menunjukkan bahwa perdagangan bersih sekali lagi akan menjadi hambatan pada pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama, dan hanya akan menambah retorika proteksi proteksi Presiden Donald Trump. dalam beberapa pekan terakhir, “kata ekonom senior AS Michael Pearce dari Capital Economics. (Lukman Hqeem)