Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Angka penggajian di sector swasta untuk bulan Februari diproyeksikan moderat setelah menguat tajam dibulan Januari. Sementara Indeks ketenagakerjaan manufaktur dari ISM naik pada Januari. Disisi lain, Perkiraan PDB kuartal pertama dari Fed Atlanta adalah 2,7%.

Pemrosesan Data Otomatis (ADP) perusahaan pemrosesan penggajian swasta AS akan merilis Laporan Ketenagakerjaan Nasional untuk Februari pada hari Rabu (04/03/2020).  Penggajian untuk klien ADP diperkirakan meningkat 170.000 pada Februari setelah menambah 291.000 pekerja pada Januari dan 199.999 pada Desember.

Payroll dimoderasi pada 2019 dengan rata-rata bergerak 12 bulan untuk NFP nasional turun dari 235.000 pada Januari menjadi 174.000 pada bulan Desember dan akuntansi pribadi ADP turun dari 222.000 menjadi 163.000. Keduanya secara mengejutkan kuat pada Januari dengan ADP pada 291.000 bulan terkuat dalam setahun dan NFP pada 225.000.

Angkatan kerja AS menambah sekitar 135.000 pekerja baru setiap bulan melalui pertumbuhan populasi dan imigrasi. Payroll telah melampaui batas ini dalam rata-rata 12 bulan sejak Agustus 2011 meskipun 8,7 juta pekerjaan yang hilang dalam resesi tidak diganti pada bulan Mei 2014.

Itulah alasan utama kenaikan upah untuk paruh pertama pemulihan jauh di bawah rata-rata historisnya. Tidak sampai kekurangan tenaga kerja mulai terbentuk sejak 2016, pengusaha mulai menawarkan kompensasi yang lebih tinggi untuk menarik pekerja.

Laporan Perubahan Pekerjaan ADP adalah pertandingan yang cocok untuk Laporan Situasi Pekerjaan dari Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS). Ini pada dasarnya adalah versi terbatas dari ukuran penggajian swasta NFP. Perbedaan utama antara angka NFP keseluruhan dan ukuran ADP adalah dimasukkannya pekerjaan pemerintah lokal, negara bagian dan federal dalam informasi BLS.

Seiring waktu, korelasi tren antara ukuran NFP dan ADP tinggi meskipun variasi bulanan individu tidak jarang. Pada tahun 2019, moving average 12 bulan untuk NFP dan ADP keduanya menurun 26%, (NFP 25,9%, ADP 26,5%).

Terlepas dari dampak yang berkembang dari Coronavirus pada pertumbuhan ekonomi global, Cina tampaknya kembali bekerja, indeks manajer pembelian manufaktur untuk Februari mempertahankan sentimen ekspansi. Indeks keseluruhan adalah 50,1, kehilangan perkiraan 50,5 dan di bawah lompatan Januari mengejutkan ke 50,9 dari 47,8 yang telah cocok dengan pembacaan pasca-resesi terendah. Indeks ketenagakerjaan naik menjadi 46,9 dari 46,6 di mana ia diperkirakan akan tetap. Pesanan baru turun menjadi 49,8 pada Februari dari 52,0 pada Januari seperti perkiraan.

Indeks untuk sektor layanan yang jauh lebih besar akan dirilis pada hari Rabu, 4 Maret. Ukuran umum diproyeksikan menurun menjadi 54,9 dari 55,5 pada Januari dan indeks ketenagakerjaan diperkirakan akan naik satu poin menjadi 54,1. Pesanan baru juga diperkirakan akan meningkat menjadi 56,3 dari 56,2.

Klaim pengangguran awal merupakan indikator andal dari masalah yang tertunda di pasar tenaga kerja. Dalam minggu pelaporan terbaru (28 Februari) rata-rata pergerakan empat minggu berada di 209.750 terendah setengah abad. Ditambah dengan tingkat pengangguran 3,6%, juga yang terendah 50 tahun, ada sedikit pemberitahuan tentang tekanan pasar tenaga kerja.

Perang dagang dan ancaman Brexit terhadap lapangan kerja AS, kecuali di bidang manufaktur, tidak pernah terwujud. Indeks manajer pembelian untuk Januari dan Februari di sektor pabrik menunjukkan bahwa kerusakan dari masalah viral belum membuat manajer mengubah pandangan mereka secara substansial. Kita akan melihat pada hari Rabu jika sektor jasa optimis sebagai sepupu yang lebih kecil, tetapi akan aneh jika industri manufaktur, yang jauh lebih terekspos pada masalah di Cina, mempertahankan kepercayaan mereka dan rekan layanan mereka tidak.

Bisa jadi gangguan pasokan dari daratan belum sampai ke lantai pabrik di AS, atau mungkin persediaan cukup untuk menangkal penundaan produksi, atau bisa jadi dampaknya akan terasa dalam beberapa bulan mendatang. Dalam pasar tenaga kerja yang ketat saat ini, akan mengejutkan melihat manajer mengurangi perekrutan tanpa informasi konkret bahwa ancaman virus akan menghasilkan penurunan produksi yang nyata dan berkepanjangan.

Dolar telah membayar harga selama dua minggu terakhir dari lonjakan keamanan dunia ke dalam Departemen Keuangan AS. Hasil pada obligasi 10-tahun telah jatuh lebih dari 60 poin sejak 12 Februari, memotong ke rekor terendah di bawah 1% dalam perdagangan Selasa. Pemotongan suku bunga 0,5% Fed akan segera dicocokkan dengan pengurangan serupa di sebagian besar bank sentral utama, dalam apa yang jelas merupakan langkah bersama oleh para bankir untuk mencegah penularan ekuitas.