Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Jumlah pengangguran Australia bertambah 227.700 pekerja di bulan Mei, menyebabkan tingkat pengangguran melonjak menjadi 7,1%. Kenaikan pengangguran akibat lockdown yang dijalankan pemerintah dalam menangani wabah Covid-19  telah menimbulkan kerusakan ekonomi dengan melumpukan aktivitas ekonomi.

Angka pengangguran ini jauh dari perkiraan awal ekonom sebesar 75.000, demikian laporan Biro Statistik Australia pada hari Kamis (18/06/2020). Penurunan lapangan kerja menambah penurunan 600.000 pada bulan April, menjadikan totalnya menjadi 835.000 sejak Maret.

Kenaikan tingkat pengangguran diperlambat oleh jumlah pekerja dan pengangguran yang lebih besar dari biasanya yang meninggalkan angkatan kerja, kata ABS. Hal ini tercermin dalam penurunan lebih lanjut dalam tingkat partisipasi, ketika turun 0,7 poin persentase menjadi 62,9% pada bulan Mei.

Wabah Corona Pandemi telah mendorong ekonomi Australia ke dalam resesi pertamanya dalam 29 tahun tetapi beberapa tanda pemulihan mulai muncul. Kepercayaan konsumen dan data pengeluaran terlihat lebih positif dalam beberapa minggu terakhir.

Otoritas kesehatan Australia telah berhasil mengendalikan virus, dengan langkah-langkah yang sekarang diambil untuk membuka kembali bagian-bagian utama ekonomi.

Bank-bank besar baru-baru ini merevisi ekspektasi mereka untuk pertumbuhan produk domestik bruto pada tahun 2020 ke atas, tetapi hanya sedikit yang mengharapkan pemulihan bersama-V karena kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun untuk memperbaiki pasar kerja yang rusak.

Perhatian pasar saat ini tertuju pada langkah Canberra, apakah Menteri Keuangan Josh Frydenberg akan memperpanjang skema subsidi upah sebesar 70 miliar dolar Australia (US $ 48,18 miliar) selewat tanggal akhir September. Pasalnya, Gubernur Reserve Bank of Australia Philip Lowe telah memperingatkan bahwa dukungan subsidi upah mungkin diperlukan lebih lama, mencatat bahwa tingkat bunga resmi serendah yang diharapkan dapat terjadi.