Indikator ekonomi Jerman dan Spanyol

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Pertumbuhan sektor swasta Jerman melambat pada bulan Februari dari bulan sebelumnya namun masih berada pada jalur untuk ekspansi yang solid pada kuartal pertama, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin kemarin.

Indeks PMI Gabungan melacak aktivitas di bidang manufaktur dan jasa yang menyumbang lebih dari dua pertiga dari ekonomi, turun menjadi 57.6 di bulan Februari dari 59.0 di bulan Januari, mencapai level terendah tiga bulan. Ekonom memperkirakan berada dilevel 57.4. Penyedia layanan mengambil pandangan optimis mereka tentang prospek aktivitas bisnis dalam tujuh tahun.

Ekonom Markit Phil Smith mengatakan dua dua bulan pertama tahun 2018, bersama-sama, telah melihat tingkat pertumbuhan sektor swasta yang lebih cepat dari kuartal terakhir tahun 2017. “Meskipun PMI Komposit Jerman mundur dari level tertinggi tujuh tahun di dekat tujuh tahun, sektor swasta tetap berada pada jalur ekspansi kuat lainnya pada kuartal pertama 2018,” katanya.

Sementara di Spanyol, sektor jasa – yang menyumbang sekitar setengah dari total aktivitas ekonomi, mengalami pertumbuhan tercepat dalam tujuh bulan di bulan Februari, sebuah survei menunjukkan pada hari Senin, dengan penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan orde baru berlanjut dengan kecepatan yang sehat .

Indeks (PMI) sektor jasa Spanyol naik 57.3 di bulan Februari dari 56.9 di bulan Januari. Indeks tersebut telah bertahan di atas garis 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi setiap bulan sejak Oktober 2013. “Pertumbuhan rebound di sektor layanan Spanyol berlanjut di bulan Februari, dengan tingkat ekspansi dalam aktivitas bisnis meningkat untuk bulan ketiga berjalan,” kata direktur asosiasi di HIS Andrew Harker.

Keprihatinan politik terhadap Catalonia, yang sempat menekan ekonomi regional dan kepercayaan diri pada akhir tahun lalu setelah pemerintah daerah mengumumkan kemerdekaan, telah mereda dan kuartal pertama terlihat kuat, kata Harker.

Perekonomian Spanyol tumbuh 0.7 persen pada kuartal keempat dari kuartal sebelumnya, data resmi dikonfirmasi pada hari Kamis, terangkat oleh ekspor dan meningkatnya permintaan domestik.

Indeks ketenagakerjaan layanan naik sedikit menjadi 55.4 di bulan Februari dari 55.3 di bulan Januari, karena beberapa dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka meningkatkan angkatan kerja mereka seiring dengan meningkatnya pesanan baru, kata Markit. (Lukman Hqeem)