Harga emas

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas dalam prospek jangka menengah dan panjang memiliki tren yang konstruktif. Harga sejauh ini mampu mencatatkan kenaikan tertinggi baru dalam tahunan pada setiap bulan perdagangan selama tahun 2020. Ini merupakan perilaku Bulls, yang telah terbentuk sejak bulan Agustus disaat logam mulia ini mampu menandai rekor harga tertinggi baru tahun 2020 di $ 2075.

Harga emas memecahkan rekor tertinggi sebelumnya yang tercatat pada September 2011 pada level harga $ 1921 meskipun Relative Strength Index (RSI) gagal mempertahankan kenaikan dari bulan Juni, tetapi indikator mencatat pembacaan ekstrim baru diangka 88 untuk tahun 2020 saat osilator mendorong ke wilayah overbought untuk ketiga kalinya tahun ini.

Pada gilirannya, sinyalemen RSi menunjukkan potensi jual terbaru dan dapat menjadi indikasi adanya kelelahan dalam perilaku bullish daripada perubahan tren saat menembus tren turun yang ditetapkan pada bulan Agustus. Indikator tersebut membantu untuk memvalidasi formasi wedge (segitiga). Lebih-lebih jika osilator dapat memantul kembali dari posisi terendah sejak Juni.

Pelaku pasar perlu mengawasi indicator RSI karena tampaknya telah mencapai titik terendah pada bulan Agustus, tetapi perlu melihat osilator untuk mendorong ke wilayah overbought untuk menunjukkan pandangan bullish, dengan dorongan di atas 70 kemungkinan akan disertai dengan harga emas yang lebih tinggi seperti perilaku yang terlihat pada bulan Juli.

Sampai saat itu, harga emas dapat terus berkonsolidasi di tengah serangkaian upaya yang gagal untuk menutup di bawah $ 1907 dalam skala ekspansi 100% menjadi $ 1920 dalam skala ekspansi 161,8%. Emas membutuhkan harga penutupan di atas Fibonacci yang tumpang tindih sekitar $ 1971 sebagai ekspansi 100% menjadi $ 1985 yang merupakan ekspansi 261,8% untuk mengembalikan wilayah $ 2016 sebagai target ekspansi 38,2% menjadi $ 2025 sebagai ekspansi 78,6%.

Bila emas mampu menembus dan berakhir di atas wilayah $ 2016 kembali, akan membuka peluang menyentuh ke $ 2025. Jika ini terjadi, emas membuka rekor harga tertinggi pada $ 2075 sebagai target lanjutan, dengan konfirmasi kenaikan lebih lanjut pada level sekitar $ 2064 untuk menjangkau target lebih tinggi di $ 2092.