Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Pertumbuhan pekerjaan pada sektor swasta di A.S. menunjukkan perlambatan secara substansial di bulan Juli, demikian menurut sebuah laporan yang dirilis oleh prosesor penggajian ADP pada hari Rabu (05/08/2020). ADP mengatakan pekerjaan sektor swasta naik 167.000 pekerjaan pada Juli setelah melonjak dengan revisi naik 4,314 juta pekerjaan pada Juni.

“Pemulihan pasar tenaga kerja melambat di bulan Juli,” kata Ahu Yildirmaz, wakil presiden Lembaga Penelitian ADP. “Kami telah melihat perlambatan berdampak pada bisnis di semua ukuran dan sektor.” Peningkatan pekerjaan sektor swasta yang relatif sederhana terjadi ketika pekerjaan di sektor penyedia layanan naik sebesar 166.000 pekerjaan. Sebelumnya, para ekonom telah memperkirakan lapangan kerja akan meningkat 1,5 juta pekerjaan dibandingkan dengan 2,369 juta kenaikan pekerjaan yang dilaporkan pada bulan sebelumnya.

Laporan itu mengatakan pekerjaan di sektor penghasil barang naik tipis hanya oleh 1.000 pekerjaan, karena kenaikan dalam pekerjaan manufaktur sebagian besar diimbangi oleh penurunan pekerjaan konstruksi. Selain itu, pekerjaan di bisnis besar meningkat 129.000 pekerjaan dan usaha kecil menambahkan 63.000 pekerjaan, sementara pekerjaan di bisnis menengah turun 25.000 pekerjaan.

Ada sedikit peningkatan pekerjaan produksi barang menunjukkan wabah COVID di pabrik dan pabrik pengolahan adalah masalah yang lebih besar daripada COVID pada populasi umum yang mencegah orang mengunjungi bar dan restoran. Secara ekonomi, hal ini mungkin bagus selama produsen barang menemukan cara untuk membuat tempat kerja aman, karena itu menyiratkan ekonomi layanan lebih tangguh daripada yang terlihat.

Pada hari Jumat, Departemen Tenaga Kerja dijadwalkan untuk merilis laporan pekerjaan bulanan yang lebih diawasi untuk bulan Juli, yang mengecualikan pekerjaan sektor publik dan swasta. Para ekonom saat ini memperkirakan pekerjaan melonjak sekitar 1,6 juta pekerjaan di bulan Juli setelah melonjak 4,8 juta pekerjaan di bulan Juni. Tingkat pengangguran diperkirakan akan turun menjadi 10,5 persen dari 11,1 persen.