Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran pada pertengahan Maret, yang dikenal sebagai klaim pengangguran, diperkirakan akan meningkat menjadi 2,5 juta dari 281.000 pada minggu sebelumnya, menurut ekonom. Periode tersebut mencakup 15 Maret hingga 21 Maret dan akan diterbitkan oleh Departemen Tenaga Kerja A.S. pada hari Kamis,
“Rilis awal menunjukkan peningkatan hampir 2 hingga 3 juta yang tidak terpikirkan,” tulis ekonom di BMO Capital Markets kepada klien.

Peningkatan klaim pengangguran baru yang begitu besar bisa berakhir tiga kali lipat dari rekor sepanjang masa dari 695.000 pada tahun 1982. Setidaknya satu peramal Wall Street bahkan memperkirakan klaim baru bisa membengkak hingga hampir 4 juta.

Pembantaian tidak akan berhenti di situ. Klaim baru hampir pasti akan terus meroket untuk beberapa minggu ke depan dan seterusnya, tergantung pada berapa lama ekonomi negara tetap ditutup.

Jika demikian, jumlah orang Amerika yang menganggur dapat segera melampaui rekor sebelumnya 15,3 juta pada tahun 2009. Ekonom memperkirakan puluhan juta pekerjaan berisiko dalam industri seperti ritel, perjalanan, pariwisata, dan hiburan.

Akibatnya, tingkat pengangguran juga prima untuk melambung dari level terendah 50 tahun saat ini yaitu 3,5%. Tingkat pengangguran dapat dengan cepat naik di atas 10% dan bahkan lebih tinggi lagi. Di Norwegia, misalnya, tingkat pengangguran meroket hampir 11% dari 2,2% hanya dalam satu bulan.

Paket penyelamatan besar-besaran senilai $ 2 triliun yang menunggu persetujuan Kongres bertujuan untuk meringankan kepedihan bagi banyak orang Amerika yang kehilangan pekerjaan dengan tunjangan pengangguran yang diperluas dan melonggarkan persyaratan kelayakan. RUU itu juga akan menyediakan lebih banyak uang untuk perusahaan yang mempertahankan pekerja mereka atau membawa mereka kembali begitu krisis mereda.

Lonjakan klaim pengangguran baru telah menempatkan ketegangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara-negara bagian dan mungkin beberapa minggu sebelum hampir semua pekerja yang memenuhi syarat atau tunjangan dapat menerimanya. California, misalnya, mengatakan klaim baru melonjak menjadi hampir 200.000 minggu lalu dari hanya 43.000 beberapa minggu yang lalu.

Beberapa negara telah melaporkan kerusakan pada sistem klaim mereka karena tsunami aplikasi baru, memaksa orang untuk menunggu atau memperbaiki nanti. Masalah-masalah itu kemungkinan akan bertahan.