Pekerja cina sedang merakir Macbook, Pasar tenaga kerja di Cina tumbuh pesat.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Dengan pasar tenaga kerja Cina yang melihat yang terbaik selama bertahun-tahun, sebuah laporan baru menunjukkan lapangan kerja baru yang dibuat di daerah perkotaan selama lima tahun terakhir hampir sama dengan populasi Prancis.

Banyak Kota di Cina yang telah menambahkan lebih dari 65 juta pekerjaan sejak akhir 2012. Hal ini mendorong penurunan tingkat pengangguran, ujar Yin Weimin, Menteri Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial, pada hari Kamis (28/12/2012).

Dilansir dari Kantor Berita Xinhua, tingkat kerja untuk lulusan perguruan tinggi Рtermasuk hampir 8 juta tahun ini saja Рmelebihi 90 persen selama masa itu, kata Yin. Itulah kabar baik di Beijing, di mana para pemimpin telah memenuhi tujuan mereka untuk menambah 11 juta pekerjaan perkotaan baru tahun ini karena mereka lebih fokus pada pemotongan hutang dan kelebihan kapasitas.

Pasar tenaga kerja Cina secara keseluruhan terlihat kokoh. Tingkat pengangguran yang disurvei perkotaan untuk 31 kota besar adalah 4,83 persen pada September, terendah sejak 2012, dan 4,9 persen pada November, menurut biro statistic nasional Cina. Ini mungkin dipertahankan sekitar 5 persen tahun depan karena ekonomi menciptakan 13,5 juta pekerjaan baru, kata Pusat Informasi Negara minggu ini.

Sementara itu, tingkat pengangguran resmi, sering diabaikan oleh para ekonom karena jarang berfluktuasi – bahkan selama krisis keuangan global – turun menjadi 3,95 persen pada kuartal kedua, terendah sejak 2002, dan tetap pada tingkat yang sama di kuartal ketiga. .

 

Pembacaan tersebut tepat waktu karena ekonomi menuju tahun 2018 menghadapi tantangan dari sebuah upaya yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping untuk menutup perusahaan negara yang tidak menguntungkan dan tanaman yang mencemari polutan untuk memenuhi tujuan lingkungan. (Lukman Hqeem)