Investor perlu waspada ditengah laju kenaikan saham saat ini.

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Emas berjangka mencetak keuntungan secara back-to-back pada hari Selasa (20/10/2020), dengan melemahnya dolar AS membantu mengangkat harga ke penyelesaian tertinggi hanya dalam waktu seminggu. Para pialang mengamati kemajuan terkait dengan potensi vaksin COVID-19 dan putaran baru bantuan virus korona yang telah lama dicari untuk pekerja dan bisnis Amerika yang tertatih-tatih oleh pandemi.

Dolar AS melemah, dimana indek Dolar turun 0,4%, karena euro menguat terhadap greenback, mendukung harga logam mulia dalam denominasi dolar. Ada “short covering” ringan juga, karena harga emas berhasil diperdagangkan lebih dari $ 1.900. Kekhawatiran perubahan kepemimpinan dalam pemilihan presiden AS juga mendukung emas. Secara keseluruhan, daya tarik emas sebagai investasi surga telah menguat.

Musim pelaporan pendapatan perusahaan terus berlanjut, kekhawatiran seputar gelombang baru kasus virus korona di zona euro dan sosialis mengklaim kemenangan dalam pemilihan presiden Bolivia. Investor telah mencatat kekhawatiran baru, dengan membawa urgensi untuk mencari tempat berlindung.

Emas untuk kontrak pengiriman Desember naik $ 3,70, atau 0,2%, untuk menetap di $ 1,915,40 per ounce, menyusul kenaikan 0,3% pada hari Senin. Penyelesaian itu merupakan yang tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 12 Oktober, menurut data FactSet.

Kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah, mungkin, terkait dengan kemajuan negosiasi stimulus fiskal antara anggota parlemen di Washington, membantu membatasi kenaikan harga emas. Imbal hasil Obligasi AS tenor 10-tahun naik hampir 3 basis poin di sekitar 0,79%, dengan pelaku pasar mengaitkan beberapa keuntungan dengan ekspektasi pengeluaran pemerintah yang lebih besar ketika dan jika paket fiskal dikirimkan.

Prospek jangka panjang untuk bullion di bawah rezim bantuan fiskal yang lebih besar, bagaimanapun, masih diharapkan bullish, menurut para ahli. Senin malam, Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin “terus mempersempit” kisaran perbedaan atas bantuan yang menurut Ketua harus disetujui pada akhir Selasa jika kesepakatan akan disahkan oleh Kongres sebelum Hari Pemilihan pada November. 3.

Pemerintah federal dapat mengizinkan penggunaan darurat kandidat vaksin COVID-19 pada bulan Desember jika pengujian obat eksperimental berjalan dengan baik. Komentar tersebut muncul setelah Pfizer Inc. mengatakan bahwa pengobatan antibodi untuk memerangi penyakit mematikan dapat menerima otorisasi serupa pada November jika bukan akhir bulan.

Laporan pengobatan dan perawatan untuk penyakit yang telah menyerang sekitar 40 juta secara global sejak akhir tahun lalu sering kali mendorong penjualan emas batangan, tetapi penggemar logam mulia menunjukkan peningkatan yang diharapkan dalam neraca pemerintah dan suku bunga rendah yang berlaku di banyak negara maju di dunia sebagai penyebab optimisme berkelanjutan seputar emas dan perak.

Akselerasi penyebaran virus di Eropa dalam beberapa hari terakhir telah mendukung beberapa permintaan bullion baru-baru ini, serta kekhawatiran tentang hasil pemilihan presiden AS antara Demokrat dan mantan Wakil Presiden Joe Biden dan petahana Donald Trump.

Ada terlalu banyak ketidakpastian mengenai pemilu AS dan virus korona, yang membuat pedagang tertarik pada harga emas. Emas memangkas kerugian sebelumnya pada Selasa setelah laporan tentang pembangun rumah AS menunjukkan bahwa konstruksi rumah datang pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,42 juta pada September, mewakili kenaikan 1,9% dari angka yang diturunkan bulan sebelumnya, Biro Sensus AS melaporkan Selasa.

Berita tentang kuota impor China lainnya, yang memungkinkan 5.980 metrik ton potongan tembaga untuk diimpor ke China, memberikan “bukti spesifik dari permintaan China yang sedang berlangsung untuk semua bentuk