Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas berakhir dengan turun pada perdagangan di hari Selasa (27/04/2021) meski mampu bertahan dalam kisaran perdagangan antara $ 1765 – $ 1800. Harga mendapat tekanan dari imbal hasil Treasury AS yang melonjak dan mendorong dolar AS lebih tinggi.

Sementara itu, Data Keyakinan Konsumen dari CB AS yang lebih baik dari perkiraan dan ekspektasi stimulus fiskal Presiden Joe Biden memicu reli baru dalam pengembalian utang AS. Sementara itu, kinerja beragam pada saham AS di tengah kehati-hatian pra-Fed dan laporan pendapatan mengangkat daya tarik safe-haven dolar AS, yang menambah penurunan emas.

Pada perdagangan di hari Rabu (28/04/2021) harga emas tampaknya tidak ada yang berubah, karena dolar AS diperdagangkan lebih kuat sementara imbal hasil mempertahankan kenaikan baru-baru ini menjelang keputusan kebijakan moneter FOMC. Meskipun Fed tidak mungkin mengubah sikap kebijakannya, investor akan memperhatikan petunjuk tentang kemungkinan pengurangan program pembelian obligasi, mengingat optimisme atas perbaikan prospek ekonomi. Fokus pasar juga akan tetap pada pembaruan terbaru pada stimulus fiskal, karena Biden akan berpidato di depan Kongres pada hari Rabu.

Secara teknis, seperti yang diamati pada grafik harian, emas bertahan di kisaran $ 50 sejak pertengahan April, dengan rata-rata pergerakan harian (DMA) 100-harian horizontal terus membatasi sisi atas. Sementara itu, pembeli terus mengintai pada setiap penurunan menuju DMA-21. 100-DMA dan 21-DMA masing-masing berada pada $ 1801 dan $ 1753.

Keputusan FOMC yang sangat penting kemungkinan akan menentukan arah selanjutnya untuk logam, dengan kemungkinan penembusan sisi atas terlihat lebih tinggi, karena Indeks Kekuatan Relatif (RSI) 14-hari mempertahankan kisarannya di atas 50,00. Untuk menyimpulkan, nasib emas bergantung pada pengumuman Fed sementara penerimaan pada salah satu dari dua hambatan dapat memicu pergerakan tajam.