Harga Emas beringsut setelah ketegangan perang dagang mereda

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Emas berjangka pada hari Jumat mencatat kenaikan mingguan keenam berturut-turut, di sekitar harga $ 1.800 didukung oleh kombinasi harapan yang meningkat untuk stimulus fiskal tambahan di Eropa dan AS serta ketidakpastian atas prospek ekonomi global karena kasus COVID-19 terus meningkat.

Permintaan investasi untuk emas mengimbangi penurunan pembelian perhiasan, karena ketidakpastian ekonomi yang sedang berlangsung dan, lebih tepatnya, periode panjang suku bunga nol atau sub-nol. Terlebih lagi, dolar AS tetap tidak disukai meskipun memantul di sana-sini.

Harga emas untuk pengiriman Agustus di bursa Comex naik $ 9,70, atau 0,5%, menetap di $ 1.810 per ons. Emas mencatat kenaikan mingguan hampir 0,5% dan naik 18,8% untuk tahun ini setelah mencapai level tertinggi sejak 2011 awal bulan ini dan bergerak dalam jarak yang sangat dekat dari tertinggi sepanjang masa. Perak berakhir lebih dari 3,7% lebih tinggi untuk minggu ini. Kontrak emas dan perak paling aktif mencatat kenaikan mingguan keenam berturut-turut, menurut data FactSet.

Harga emas terus naik karena investor mulai meningkatkan ekspektasi stimulus mereka pada ketakutan gelombang kedua coronavirus. Emas juga mendapat manfaat dari risiko pemilihan, karena Wall Street tidak dapat mengabaikan jajak pendapat lagi dan mulai mempertimbangkan risiko dalam kepresidenan Biden, mengingat calon presiden Demokrat Joseph Biden unggul atas Presiden Donald Trump dalam jajak pendapat.

Gedung Putih dan anggota parlemen menghadapi tekanan yang semakin besar untuk datang dengan rencana stimulus fiskal tambahan menjelang berakhirnya tunjangan pengangguran tambahan pada akhir bulan. Sementara itu, para pemimpin Uni Eropa pada hari Jumat memulai KTT dua hari yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan tentang dana pemulihan € 750 miliar.

Kenaikan harga emas telah didorong sebagian besar oleh “ketidakpastian yang melekat” yang telah menyertai volatilitas di pasar ekuitas. Risiko yang meningkat, memainkan peran dalam kekakuan pergerakan baru-baru ini dalam aliran emas dan harga, tetapi dalam pandangan kami, ketidakpastian yang membawa investor ke ruang emas dalam ukuran tahun ini dan kemungkinan apa yang akan membuat mereka tetap di sana.