Harga Emas beringsut setelah ketegangan perang dagang mereda

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Emas berjangka naik pada Jumat (20/03/2020), menemukan dukungan setelah aksi jual yang brutal di pasar keuangan. Aksi jual ini disisi lain juga membebani asset safe haven tradisional, sehingga mengirim logam mulia dalam catatan kinerja mingguan yang lebih rendah.

Untuk saat ini, emas mendapat dorongan dari proposal Mitch McConnell, Ketua Fraksi Partai Republik di Senat AS yang menawarkan uang bantuan bagi rumah tangga menengah dan rendah di AS,  serta langkah-langkah stimulus lainnya bergerak maju. Untuk sementara hal ini mampu menghentikan gelombang penjualan likuidasi dari semua aset, tidak terkecuali emas. Semua tanda menunjukkan emas bergerak lebih tinggi dalam waktu dekat, kecuali terjadi gelombang kepanikan kembali.

Harga emas untuk pengiriman bulan April di bursa Comex naik $ 5,30, atau 0,4%, berakhir di $ 1,484.60 per ounce. Untuk minggu ini, harga untuk kontrak paling aktif kehilangan 2,1%, menurut data FactSet. Kehilangan minggu sebelumnya lebih dari 9% adalah yang terbesar sejak September 2011.

Emas rebound ditengah peningkatan jatuhnya asset risiko sepanjang minggu ini. Upaya sejumlah bank sentral meredam gejolak ekonomi akibat wabah Corona memang tidak sia-sia, namun tidak terlihat lonjakan permintaan emas ketika pasar dibanjiri dengan likuiditas. Hal ini mungkin ada efek jeda, dimana para investor masih melikuidasi posisi emas untuk mengisi lubang di tempat lain tetapi hanya sementara waktu.

Sementara itu, indeks saham AS bergerak lebih rendah di transaksi Jumat setelah pasar emas berjangka berakhir. Namun, penurunan ekuitas global melambat minggu ini karena bank sentral meluncurkan langkah-langkah stimulus tambahan dan pemerintah menimbang respon fiskal.

Pada dasarnya, emas harus berada dalam kisaran $ 1.500-1.600, dan bergerak lebih tinggi berdasarkan ekspansi neraca FOMC, langkah-langkah stimulus dan penyimpanan tradisional status safe haven. Akhir pekan yang tenang dan tenang akan disambut untuk semua orang di pasar — ​​panjang dan celana pendek dan publik pada umumnya.