Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Bursa saham Asia menguat dalam perdagangan di hari Jumat (03/07/2020) setelah reli terjadi di Wall Street oleh data pekerjaan AS yang kuat. Indek Nikkei 225 Tokyo, naik 0,7%, dan Hang Seng Hong Kong, naik 0,9% sementara indek Kospi Korea Selatan naik 0,8%.

Data pekerjaan dan indikator global yang ditingkatkan meningkatkan sentimen, bersama dengan laporan positif tentang vaksin potensial dan perawatan untuk virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 10,8 juta orang dan membunuh lebih dari 520.000, menurut data dari Universitas Johns Hopkins yang menurut para ahli mengecilkan penghitungan yang disebabkan untuk masalah dengan pengujian dan kasus tanpa gejala.

Berita seperti itu membawa perubahan yang menguntungkan dalam kegembiraan risiko berputar minggu ini karena berita positif ini saat ini menahan pandangan negatif yang tampaknya tak berujung di sekitar kasus virus harian baru yang meningkat pesat di AS.

Semalam, S&P 500 naik 0,5%, kenaikan keempat berturut-turut, mengakhiri libur singkat dengan kenaikan 4%. Bursa saham AS ditutup pada hari Jumat untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Indek Komposit Nasdaq naik ke tertinggi sepanjang masa, dibantu oleh lebih banyak keuntungan di perusahaan teknologi. Perusahaan-perusahaan energi membukukan beberapa kenaikan terbesar karena harga minyak menguat karena harapan bahwa pemulihan ekonomi akan berarti lebih banyak permintaan.

Namun, berita bahwa Florida memiliki peningkatan tajam dalam kasus yang dikonfirmasi membantu mengurangi kenaikan awal S&P 500 lebih dari setengahnya. Pasar obligasi juga mengisyaratkan kehati-hatian, karena imbal hasil bergerak secara luas lebih rendah.

Lonjakan baru-baru ini dalam kasus baru yang dikonfirmasi tentang coronavirus di Florida, Texas dan beberapa negara bagian lainnya telah menyebabkan beberapa gubernur menghentikan pembukaan kembali ekonomi mereka atau memerintahkan beberapa bisnis, seperti restoran dan bar, untuk ditutup kembali. Itu telah meredupkan beberapa optimisme untuk perputaran ekonomi yang relatif cepat, terutama untuk sektor terkait perjalanan seperti jalur pelayaran.

Meski begitu, investor terus bertaruh bahwa pemulihan akan dilanjutkan, meskipun ada peningkatan kasus baru yang mengkhawatirkan.

Sementara dalam perdagangan lainnya, Indek S&P 500 naik 14,15 poin menjadi 3.130,01. Indek Dow Jones naik 0,4% menjadi 25.827,36. dan Indek Nasdaq naik 0,5% menjadi 10.207,63.