Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Aktivitas ekonomi di sebagian besar Amerika Serikat “sedikit ke sedang,” menurut laporan terbaru Federal Reserve tentang kondisi ekonomi yang dikenal sebagai Beige Book. Beberapa distrik melaporkan penjualan eceran turun meskipun permintaan mobil tetap stabil. Persediaan yang rendah telah membatasi penjualan.

Pemilik restoran khawatir cuaca dingin akan memperlambat penjualan dalam beberapa bulan mendatang. Kontak bank khawatir bahwa tingkat kenakalan akan naik. Lapangan pekerjaan tumbuh di seluruh negeri tetapi dengan kecepatan lambat, kata laporan itu. Manufaktur adalah sektor paling konsisten untuk menambah pekerjaan di seluruh negeri. Upah hanya naik sedikit dan sering dikaitkan dengan betapa mudahnya perusahaan menemukan pekerja.

Sementara harga konsumen naik sedikit karena konstruksi, manufaktur dan perusahaan ritel melewati biaya yang lebih tinggi kepada pelanggan mereka. Bisnis menghadapi peningkatan biaya karena COVID-19.

Secara luas, laporan ini mencakup ekonomi hingga 9 Oktober dan merupakan salah satu pandangan luas terakhir tentang kondisi ekonomi menjelang pemilihan presiden pada 3 November. Itu menyakitkan gambaran yang cukup hangat. Sementara ekonomi AS telah pulih dari kedalaman resesi yang dimulai pada bulan Maret, banyak ekonom melihat tingkat aktivitas stabil dalam beberapa bulan mendatang. Pejabat Fed telah mendesak Kongres untuk mengeluarkan paket bantuan virus korona lain untuk membantu konsumen dan bisnis bertahan sementara pandemi virus korona terus membatasi aktivitas.

Kesimpulannya laporan ini masih konsisten dengan pemulihan yang terus meningkat secara luas tetapi tidak konsisten & dengan momentum yang kurang ke depan dibandingkan saat rebound kuat awal di bulan Mei.

Paska pengumuman ini, bursa saham AS ditutup lebih rendah karena investor kecewa dengan lambatnya pembicaraan stimulus. Indeks S&P 500 ditutup turun 7,56 poin pada hari Rabu.