Investor bukukan keuntungan sementara, Aussie diperdagangkan naik oleh kenaikan harga komoditi

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Bulan Maret dimulai dengan reli yang kuat di bursa saham dan membuat Dow Jones menghapus semua kerugian di hari Jumat (26/02/2021). Imbal hasil Treasury tenor 10 tahun melanjutkan kenaikannya dan dolar AS naik ke level terkuatnya terhadap Yen Jepang dalam enam bulan terakhir. Disisi lain, kenaikan dolar tidak universal karena peningkatan minat risiko mendorong dolar Australia, Selandia Baru dan Kanada lebih tinggi terhadap greenback.

Ada banyak alasan bagi investor untuk optimistis di bulan ini. Musim semi sudah dekat dan cuaca yang lebih hangat akan membawa restoran keluar dari hibernasi dan menyediakan lingkungan yang lebih mendukung untuk bersantap di luar ruangan. Kongres juga diperkirakan akan meloloskan RUU stimulus $ 1,9 triliun dolar bulan ini. RUU tersebut telah disetujui oleh DPR dan diserahkan ke Senat. Demokrat diharapkan meninggalkan dorongan mereka untuk upah minimum $ 15 dengan harapan kesepakatan dapat dilakukan. Jam terus berdetak dengan jutaan orang Amerika akan kehilangan tunjangan pengangguran pandemi ekstra mereka pada 14 Maret sehingga Kongres perlu menyetujui kesepakatan dengan cepat.

Laporan ekonomi baru-baru ini juga menunjukkan negara-negara di seluruh dunia bertahan dari gelombang virus kedua lebih baik daripada yang pertama. Meskipun ada penguncian yang ketat, Zona Euro dan Inggris Raya manufaktur PMI direvisi lebih tinggi untuk bulan Februari. Kedua indeks berada jauh di atas tanda kunci 50 yang memisahkan kontraksi dari ekspansi. Amerika Serikat. Indeks manufaktur ISM juga mencapai level tertinggi 3 tahun bulan lalu berkat lonjakan pesanan baru. Permintaan sangat tinggi untuk barang elektronik dan furnitur. Dengan berlalunya hari, lebih banyak orang menerima vaksinasi COVID-19 dan dengan cuaca yang membaik, perjalanan dan pengeluaran harus meningkat.

Dolar Australia adalah mata uang dengan kinerja terbaik hari ini dan kekuatan ini akan menjadi masalah bagi Bank Sentral. Tadi malam, RBA mengejutkan pasar saat mereka mengumumkan pembelian obligasi senilai AUD 4 miliar. Hal ini menyusul pembelian obligasi jangka pendek senilai AUD 3 miliar yang tidak terjadwal pada hari Jumat. Bank sentral mengambil tindakan agresif untuk membendung kenaikan imbal hasil obligasi. Sementara semua orang fokus pada peningkatan di AS. Suku bunga obligasi dan suku bunga obligasi Jerman, imbal hasil Australia mengalami lonjakan serupa. Pada awal Februari, imbal hasil obligasi Australia 10-tahun adalah 1,12% dan Jumat lalu, mencapai tertinggi 1,91%. Tidak diragukan lagi bahwa ketika RBA bertemu malam ini, mereka akan menyuarakan keprihatinan mereka tentang kenaikan tarif. Agar ada pemulihan yang tahan lama, suku bunga harus tetap rendah dan untuk mencapai tujuan ini, RBA harus terdengar dovish. Sama seperti kenaikan hasil yang mengancam pemulihan, begitu pula mata uang yang kuat. AUD / USD mencapai level tertinggi 3 tahun minggu lalu dan intervensi verbal akan menjadi cara mudah untuk menghentikan kenaikan.

Meskipun PMI Zona Euro dan Inggris direvisi lebih tinggi untuk bulan Februari, euro dan sterling gagal berpartisipasi dalam reli risiko. Imbal hasil masih menjadi pendorong utama mata uang dan dengan imbal hasil obligasi Jerman jatuh untuk hari kedua berturut-turut ketika AS. imbal hasil naik, tidak mengherankan melihat EUR/USD berkinerja buruk. Nomor pasar tenaga kerja Jerman dijadwalkan untuk dirilis bersama dengan IHK Zona Euro besok. Perbaikan diharapkan terjadi di sekitar.

Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang laporan PDB Kanada yang akan datang. Angka PDB triwulanan dan bulanan akan dirilis besok. Kuartal ketiga kuat untuk setiap satu sedangkan Q4 lebih sulit. Permintaan konsumen khususnya meningkat dengan penjualan ritel yang turun tajam menjelang akhir tahun. Dolar Kanada berada dalam tren naik tanpa henti dan angka PDB yang lemah dapat menghentikan reli, membuka jalan bagi reli bantuan dalam USD / CAD.