Manufactur

Esandar Arthamas Berjangka merupakan pialang resmi yang terdaftar di BAPPEBTI. Anggota dari Bursa Berjangka Jakarta dan Kliring Berjangka Indonesia.

ESANDAR, Jakarta –¬†Aktivitas manufaktur global terkuat sejak krisis keuangan global secara perlahan menguras surplus komoditas, memberikan harga ke level tertinggi 3 tahun karena investor menuangkan uang ke segala hal mulai dari minyak sampai tembaga.

Dengan pabrik di seluruh dunia bersenandung, permintaan akan bahan baku semakin cepat meningkat. Indeks Spot Komoditi Bloomberg, yang melacak harga 22 bahan baku, melonjak ke level tertinggi sejak Desember 2014 pada hari Kamis. Indeks tersebut telah meningkat selama 14 hari berturut-turut.

Bagi ekonomi global, penjumlahan komoditas menimbulkan teka-teki. Ini bisa menunjukkan bagaimana tahun-tahun kebijakan moneter ultra-longgar akhirnya mendorong aktivitas dan bahkan mungkin cukup untuk menghidupkan kembali tekanan inflasi yang tidak aktif lama. Resikonya adalah inflasi kembali lebih cepat dari perkiraan bank sentral, memaksa mereka menaikkan suku bunga lebih agresif dari yang sekarang mereka rencanakan atau antisipasi investor.

Menurut sebuah studi di bulan September oleh Dana Moneter Internasional, kenaikan harga minyak naik 10 persen, rata-rata, inflasi domestik sekitar 0,4 poin persentase. Efek semacam itu bisa membantu mendorong inflasi A.S. kembali ke arah target 2 persen Federal Reserve. Penelitian dari bank sentral yang dipublikasikan pada bulan Oktober menemukan penurunan terakhir dalam minyak mentah telah mencukur 0,2 persen poin dari inflasi inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi.