Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Aktifitas bisnis di Amerika Serikat yang berorientasi pada jasa mengalami pertumbuhan lebih cepat di bulan Oktober karena ketegangan perang dagang AS – Cina mereda. Indeks sektor jasa yang dirilis oleh ISM naik menjadi 54,7% dari 52,6%.

Sektor jasa mengalami pertumbuhan yang meruncing dari level terendah mereka selama tiga tahun ini, dibantu oleh berkurangnya ketegangan perdagangan antara AS dan China. Sebuah kajian yang dilakukan oleh Institute for Supply Management disampaikan dalam bentuk indeks non-manufaktur menunjukkan kenaikan angkanya menjadi 54,7% bulan lalu dari pembacaan 52,6% pada bulan September.

Sejumlah ekonom yang disurvei oleh Marketwatch memperkirakan indeks jasa ISM ini hanya akan naik menjadi 53,8%. Angka lebih dari 50% menunjukkan bisnis tumbuh. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi pada layanan tidak terlalu dirugikan oleh perselisihan perdagangan Tiongkok dengan produsen Amerika, tetapi efek limpahannya telah mengakibatkan pertumbuhan yang lebih lambat. Indeks layanan turun 6 poin dari puncak postrecession tahun lalu.

Terjadi peningkatan pesanan baru dan tingkat pekerjaan keduanya membaik. Indeks untuk pesanan baru naik 1,9 poin menjadi 53,7%. Bahkan lebih baik, indeks ketenagakerjaan naik 3,3 poin menjadi 53,7% dari level terendah lima tahun pada September. Beberapa eksekutif mengeluh kekurangan tenaga kerja terampil dengan tingkat pengangguran di bawah 50 tahun.

Secara keseluruhan, 13 dari 17 industri yang dilacak oleh ISM mengatakan bisnis mereka berkembang, sama seperti pada bulan sebelumnya. Indeks ISM disusun dari survei eksekutif yang memesan bahan baku dan pasokan lainnya untuk perusahaan mereka. Indeks tersebut cenderung naik atau turun seiring dengan kesehatan ekonomi.

Perusahaan sektor jasa yang disurvei meliputi perusahaan teknologi, lembaga keuangan, penyedia layanan kesehatan, dan restoran telah tumbuh lebih cepat dari produsen, mengisolasi ekonomi AS dari perlambatan global yang dipicu sebagian oleh perang dagang AS-China. Konsumen terus menghabiskan pada tingkat yang cukup untuk menjaga ekonomi keluar dari resesi.

Paska pengumuman ini, indek Dow Jones dan S&P 500 naik. Bahkan Indek S&P menyentuh rekor tertinggi. Sementara Imbal hasil obligasi untuk tenor 10-tahun naik menjadi 1,82%, memperpanjang reli baru-baru ini. (Lukman Hqeem)