Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Exchange Fund Hong Kong mencatat penurunan pendapatan sebesar 55 % di kuartal ketiga di tengah kemerosotan saham, gejolak politik. Pendapatan dari investasi dalam obligasi, serta kepemilikan dalam ekuitas lokal dan asing, memburuk pada kuartal terakhir. Pemerintah Hong Kong mendapat HK $ 7,3 miliar pada kuartal ketiga karena menempatkan cadangan fiskalnya pada IMF.

Exchange Fund Hong Kong (EFHK), digunakan untuk mempertahankan mata uang lokal dari serangan oleh penjual pendek, telah melaporkan penurunan 55 persen dalam pendapatan kuartal ketiga, terluka oleh kemerosotan pasar saham di tengah krisis politik terburuk di kota itu.

Pendapatan investasi turun menjadi HK $ 20,2 miliar (US $ 2,58 miliar) dari HK $ 45 miliar pada kuartal April-Juni, menurut laporan yang disampaikan oleh Otoritas Moneter Hong Kong kepada sebuah panel di Dewan Legislatif pada hari Senin. Penghasilannya dibandingkan dengan HK $ 9,5 miliar dari tahun sebelumnya.

Kerugian dari taruhan IMF pada ekuitas Hong Kong melebar menjadi HK $ 12,3 miliar pada kuartal terakhir dari HK $ 500 juta pada kuartal kedua, menunjukkan beban penuh protes anti-pemerintah pada kepemilikannya dan pasar saham yang lebih luas. Benchmark Indeks Hang Seng turun 8,6 persen pada waktu itu, yang terburuk dalam empat tahun.

Kinerja tersebut mencerminkan tantangan yang dihadapi Kepala Eksekutif HKMA Eddie Yue Wai-man dalam memperkuat dada perang untuk mendukung pasak berusia 36 tahun terhadap dolar AS dalam ekonomi yang melemah. Sebuah laporan pemerintah pekan lalu mengkonfirmasi kota itu telah jatuh ke dalam resesi teknis kuartal terakhir, ketika lima bulan protes jalanan merusak segalanya, mulai dari penjualan eceran hingga pariwisata dan harga rumah.

Penjualan ritel turun 18,3 persen pada September karena protes yang berkelanjutan dan sentimen adu perang dagang

Bagian lain dari investasi IMF juga menderita. Kepemilikannya dalam ekuitas asing turun 70 persen menjadi HK $ 4,6 miliar dari kuartal kedua, laporan hari ini menunjukkan. MSCI World Index saham global sedikit berubah, setelah menguat 3,4 persen pada kuartal kedua, karena perang perdagangan AS-Cina yang masih berlangsung menambah kekhawatiran tentang resesi global.

Investasi Exchange Fund pada obligasi menghasilkan keuntungan HK $ 29,9 miliar, yang 25 persen lebih rendah dari tiga bulan sebelumnya. Kerugian valuta asing menyempit menjadi HK $ 2 miliar dari HK $ 17 miliar pada kuartal kedua, mencerminkan dampak terjemahan mata uang pada kepemilikan aset asing.

Pada basis sembilan bulan, pendapatan investasi kumulatif IMF mencapai HK $ 198,6 miliar dibandingkan HK $ 44,5 miliar dibandingkan periode yang sama pada 2018. Total aset, atau ukuran peti perangnya, mencapai HK $ 4,23 triliun pada 30 September, menurut pejabat data, yang 94 persennya dalam mata uang asing.

Berdasarkan laporan tahunan IMF tahun 2018, IMF menginvestasikan 70 persen asetnya dalam sekuritas utang, 11 persen dalam ekuitas asing, 7 persen dalam proyek properti dan infrastruktur luar negeri, dan 4 persen pada saham Hong Kong. Sisanya disimpan dalam setoran tunai.

Dolar Hong Kong menandai ulang tahun ke-36 pasak dengan sedikit keributan

Anggota parlemen termasuk James To telah menyatakan keprihatinan jika protes jalanan sejak Juni akan menyebabkan arus keluar modal besar-besaran ke kota-kota saingan seperti Singapura, dan mengikis posisi utama Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional. Yue, yang mengambil alih kepemimpinan di HKMA pada 1 Oktober dari Norman Chan Tak-lam, sedang mencoba untuk menghilangkan kekhawatiran itu dan patokan mata uang lokal.

“Kerusuhan sosial selama beberapa bulan terakhir telah melihat banyak desas-desus tentang pasar keuangan Hong Kong,” katanya kepada anggota parlemen, Senin. “Saya ingin menekankan bahwa tidak perlu, tidak ada rencana untuk mengubah sistem nilai tukar terkait yang telah melayani Hong Kong dengan baik selama beberapa dekade. Tidak akan ada kontrol modal sesuai dengan Hukum Dasar. “

Meskipun kerusuhan sosial, Hong Kong tetap menjadi tempat yang menarik bagi investor daratan dan internasional untuk berinvestasi dalam pengelolaan kekayaan dan produk investasi lainnya, kata Yue. Hong Kong tetap menjadi pintu gerbang penting bagi investasi asing masuk dan keluar dari Cina, tambahnya.

Pemerintah Hong Kong akan menerima HK $ 7,3 miliar pada kuartal ketiga dari IMF, sehingga total untuk sembilan bulan tahun ini menjadi HK $ 22,6 miliar. Perbendaharaan menempatkan cadangan fiskalnya dengan Exchange Fund sebagai bagian dari asetnya, dan menghasilkan bagian laba atau rugi dari investasinya.

Exchange Fund didirikan pada tahun 1935 untuk mendukung penerbitan uang kertas dan kemudian diamanatkan untuk menginvestasikan cadangan resmi pemerintah. Yue, yang saat itu menjabat sebagai wakil kepala eksekutif pada tahun 2009, membantu IMF mendiversifikasi aset-aset alternatif seperti ekuitas swasta, proyek properti dan infrastruktur untuk menambah pengembalian dari saham dan obligasi. Portofolio investasi alternatif memiliki tingkat pengembalian internal tahunan sebesar 13 persen antara yang ditetapkan pada 2009 dan 2017. (Lukman Hqeem)