Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Risk On – benar-benar terjadi pada hari yang menguntungkan bursa saham dan membawa Indek Dow ke level tertinggi baru sepanjang masa, diperdagangkan hanya sedikit di bawah 30.000. Dow Jones naik sekitar 1,60%, total 470,63 poin dalam perdagangan hari Senin (16/11/2020) dan ditutup pada 29.950,44. Bursa saham menunjukkan kenaikan dinamis sebagai bagian dukungan berita dari Moderna Inc. yang mengatakan vaksinnya telah terbukti 94,5% efektif dalam mencegah infeksi Covid-19.

Reli ini terjadi ditengah kondisi pandemi yang telah mencapai angka epik dengan jumlah infeksi yang dilaporkan sekarang di atas 54,5 juta kasus pada hari ini. Ini termasuk 11 juta kasus di Amerika Serikat, yang menambahkan sekitar 1 juta kasus baru dalam enam hari terakhir. Amerika Serikat menyumbang sekitar seperlima dari infeksi secara global.

Hal yang perlu diperhatikan adalah fakta bahwa dalam reli hari ini di ekuitas AS ada penyeimbangan kembali di mana pedagang bergilir dari perusahaan teknologi yang tinggal di rumah, menjadi ritel, maskapai penerbangan dan perusahaan lain yang melayani ekonomi berbasis konsumen yang lebih tradisional yang telah begitu parah. terkena pandemi.

Namun, ada dua peringatan utama untuk rotasi ini. Berita tentang vaksin yang layak telah menciptakan optimisme bahwa ada cahaya di ujung terowongan. Namun, garis waktu untuk mencapai tujuan itu masih belum diketahui. Juga, ini tidak memperhitungkan kejatuhan ekonomi besar-besaran yang akan menyusul.

Dengan jutaan orang Amerika saat ini menganggur dan bisnis terus terpengaruh oleh meningkatnya jumlah kasus harian, kebutuhan akan stimulus fiskal menjadi lebih besar dari hari ke hari. Tampaknya tidak mungkin ada RUU stimulus fiskal yang disahkan sebelum pelantikan pada bulan Januari. Artinya, orang Amerika yang saat ini menghadapi kesulitan hanya akan bertambah jumlahnya dan kebutuhan akan paket bantuan yang layak menjadi lebih besar dari hari ke hari.

Alhasil, harga emas berjangka ditutup naik sedikit setelah pulih dari aksi jual dramatis minggu lalu. Emas di bursa berjangka untuk kontrak Desember yang paling aktif saat ini diperdagangkan pada $ 1886.80 dengan keuntungan bersih $ 0.60 atau 0.04%.

Secara teknis, perlu dicermati apabila harga emas bergerak dan menembus batas rata-rata pergerakan dalam 50 hari (MA), terlihat dalam posisi untuk memotong di bawah rata-rata pergerakan 100 hari dapat menandakan bahwa harga emas dapat bergerak lebih rendah ke level support utama di $ 1845.

Berita positif tentang vaksin juga mungkin masih dalam tahap awal sehingga kejatuhan ekonomi akan terus meningkat. Karena alasan inilah kami percaya bahwa emas akan membentuk level support harga saat ini pada $ 1845.