Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Indeks swasta aktivitas manufaktur China naik pada Juli ke level tertinggi dalam lebih dari sembilan tahun, didorong oleh percepatan produksi dan pemulihan permintaan.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin China, yang tertimbang terhadap produsen swasta kecil, naik menjadi 52,8 pada Juli dari 51,2 pada Juni, Caixin Media Co. dan perusahaan riset Markit mengatakan Senin (03/08/2020).

Indek bulan Juli menandai kenaikan untuk bulan ketiga berturut-turut. Indek PMI Caixin di atas level 50 yang memisahkan kondisi kontraksi dan kini menjadi ekspansi.

Produksi pabrikan meningkat untuk bulan kelima berturut-turut dan naik pada laju tercepat dalam 9,5 tahun, kata Caixin. Total pesanan baru, mencerminkan permintaan dari dalam dan luar negeri, juga meningkat pada tingkat tercepat sejak awal 2011.

Namun, total pesanan ekspor baru tetap berada di wilayah kontraksi selama tujuh bulan berturut-turut, meskipun laju kontraksi melambat.

“Permintaan dan pasokan manufaktur terus pulih, tetapi permintaan luar negeri tetap lemah,” Wang Zhe, seorang ekonom senior di Caixin Insight Group, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang menyertai data tersebut.

PMI manufaktur resmi China, yang lebih fokus pada perusahaan besar milik negara, juga naik ke level tertinggi empat bulan 51,1 pada Juli dari 50,9 pada Juni, data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional menunjukkan minggu lalu. Survei resmi produsen memiliki sampel yang jauh lebih besar daripada survei pribadi.