Perang Dagang AS - Cina

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR, Jakarta – Dalam perang dagang kali ini, pemerintahan Donald Trump mendesak Cina untuk menurunkan tarif pada mobil dan membuka pasarnya untuk layanan keuangan AS sebagai bagian dari pembicaraan untuk menyelesaikan peningkatan ketegangan perdagangan yang telah mengguncang pasar global, menurut orang yang akrab dengan masalah ini.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyebut Liu He dari Cina, sebagai wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas kebijakan ekonomi, kata orang itu, yang berbicara dengan syarat anonim karena diskusi tidak terbuka untuk umum. Keduanya membahas defisit perdagangan antara kedua negara dan berkomitmen untuk menemukan cara yang disetujui bersama untuk mengurangi kesenjangan, kata orang itu, menambahkan mereka telah bertukar korespondensi.

Sementara itu, salah satu penasihat senior perdagangan Presiden Donald Trump mengatakan presiden sedang mencari penyempitan defisit perdagangan AS hampir sepertiga dengan Cina. Trump ingin melihat penurunan $ 100 miliar dalam defisit perdagangan Amerika dengan Cina tahun ini, serta tindakan atas kekayaan intelektual, penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro, mengatakan kepada Bloomberg Radio, hari Senin. AS memiliki kekurangan perdagangan barang dan layanan senilai $ 337-miliar dengan Cina tahun lalu.

Menurut pihak AS, negosiasi dengan Cina dianggap “sangat mahal”. Dalam pernyataannya, Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan bahwa mereka sudah dimeja perundingan, Namun negosiasi dengan Cina adalah tidak murah, tambahnya.

Dorongan AS untuk merundingkan hukuman dengan Beijing datang setelah rencana Donald Trump untuk menampar tarif senilai $ 50 miliar atas barang-barang Cina memicu aksi jual di pasar AS pekan lalu. Pembicaraan ekonomi antara kedua negara adidaya itu telah macet dalam keadaan netral sejak pertemuan tahun lalu melalui kendaraan utama negosiasi, yang dikenal sebagai Dialog Ekonomi Komprehensif, yang harus berakhir tanpa pernyataan bersama.

Trump memerintahkan tarif impor baru setelah pejabatnya menyimpulkan bahwa Beijing terlibat dalam berbagai kebijakan yang melanggar kekayaan intelektual AS. Presiden AS ini juga meminta Mnuchin untuk membuat pembatasan investasi Cina di AS. Secara rinci, Sekretaris Menteri Keuangan akan mengumumkannya.

Navarro sendiri menepis peringatan sebelumnya bahwa ekonomi global berada di ambang tersapu oleh siklus aksi balas membalas antara dua ekonomi terbesar dunia. “Setiap orang perlu berhenti berbicara tentang perang dagang dan mencoba mendorong meredakan ketegangan ini,” katanya.

“Kami adalah pedagang bebas, tetapi apa yang dikatakan presiden adalah kami memiliki masalah struktural dalam ekonomi global, ketidakseimbangan perdagangan besar-besaran yang didorong oleh perdagangan yang tidak adil dan tidak timbal balik.”

Pemerintah Trump berada di bawah tekanan untuk menjelaskan rincian kebijakan perdagangannya setelah kekhawatiran perang perdagangan antara AS dan China mengirim saham jatuh minggu lalu. Ekuitas mulai memantul kembali pada Senin pagi, dengan patokan utama melonjak paling sejak awal Februari.