Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Adanya sinyal Doji yang muncul dalam perdagangan di hari Rabu (27/05/2020) menunjukkan keraguan di pasar. Emas nampaknya mengincar harga $1.714 kembali dimana langkah kenaikan akan meyakinkan jika harga menembus posisi tertinggi di hari Rabu kembali untuk mengkonfirmasi kebangkitan bullish.

Harga emas telah naik mendekati level resistensi di batas rata-rata SMA 50 jam tetapi tetap terjebak dalam kisaran perdagangan Rabu. Kini diperdagangkan pada kisaran $ 1.714.

Emas telah naik 0,30% pada hari itu, setelah memetakan lilin Doji yang bimbang pada hari Rabu. Langkah meyakinkan di atas tinggi candle Doji di $ 1.716 akan memvalidasi kelelahan penjual yang ditandai oleh pola kandil dan kemungkinan menarik tawaran yang lebih kuat, menghasilkan reli ke SMA 10-hari, saat ini berada di $ 1.728.

Sebagai alternatif, pergerakan di bawah $ 1.693 (terendah Rabu) akan menyiratkan kelanjutan dari mundur dari tertinggi 18 Mei di $ 1.765 dan akan menggeser risiko mendukung penurunan ke level support di $ 1.680. Level itu berulang kali membatasi kerugian selama enam hari hingga 7 Mei. Pelanggaran di sana akan mengekspos dukungan pada $ 1,658 (terendah 21 April).