Gubernur FED Jerome Powell memberi keterangan pers usai pertemuan FOMC

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dua kali setahun, Gubernur Bank Sentral AS harus melakukan paparan didepan para pemimpin Kongres tentang keadaan ekonomi A.S. Acara ini, disebut Kesaksian Humphrey-Hawkins mengutip nama anggota parlemen yang awalnya menciptakan persyaratan ini pada tahun 1978.

Kesaksian ini menawarkan perspektif jangka panjang pada prospek ekonomi AS. Tentu saja apa yang sampaikan oleh Gubernur Bank Sentral akan diawasi secara ketat oleh para pialang guna mencari wawasan tentang kebijakan Federal Reserve selama enam bulan kedepan.

Sayangnya bagi para pedagang, iterasi kesaksian hari ini hanya menawarkan sedikit informasi yang bisa ditindaklanjuti. Di seluruh komentar yang disiapkan dan sesi tanya jawab, Powell menegaskan kembali prospek optimisnya untuk ekonomi A.S., mencatat dampak yang berpotensi mengganggu dari wabah corona dan perubahan iklim dan menekankan pentingnya mencapai pekerjaan maksimum, bahkan jika itu memerlukan overshoot sementara dalam inflasi.

Powell juga menyarankan bahwa Fed akan secara bertahap beralih dari penggunaan aktif operasi repo (yang terkenal sebagai “bukan QE”). Ia mencatat bahwa bank sentral kemungkinan akan melanjutkan pembelian tersebut ke kuartal kedua. Pernyataan Powell tersebut jelas memilih untuk tidak mengacaukan kondisi saat ini, para pedagang tidak banyak alasan untuk mengubah posisi mereka saat ini.

Pada perdagangan margin, indek bursa saham AS memang memudar dari rekor tertinggi intraday mereka untuk diperdagangkan lebih dekat ke level titik impas ketika muncul tekanan menjelang penutupan perdagangan. Sementara itu, indeks dolar AS juga jatuh untuk diperdagangkan lebih rendah pada hari itu, meskipun pedagang sedikit mengurangi taruhan pada pemotongan suku bunga jangka pendek dari Federal Reserve.

Menurut alat CME FedWatch, fed fund futures trader sekarang berpikir penurunan suku bunga lebih mungkin daripada tidak dimulai dengan pertemuan Juli Fed, sedangkan pedagang menghargai dalam langkah seperti pada Juni kemarin.

Secara teknis, dengan melihat grafik per satu jam dari indeks dolar, tindakan harga hari ini mungkin menandai akhir dari tren bullish jangka pendek terkini. Indeks telah turun secara signifikan di bawah EMA 21-jam untuk pertama kalinya sejak awal bulan, dalam proses menembus alur bawah saluran naik. Perincian harga ini, dikombinasikan dengan penembusan simultan pada indikator MACD di bawah level “0”, menandakan bahwa pergeseran momentum menguntungkan beruang, membuka pintu untuk retracement lebih dalam menuju 98-an yang lebih rendah atau 98,00 bahkan di akhir pekan ini.

Jika dilihat, pergerakan bearish greenback ini bisa sesuai dengan reli EURUSD menuju 1,10 dan penurunan USDJPY menuju 109,00.