Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Dolar AS sebagai mata uang safe-haven naik ke puncak empat minggu pada perdagangan di hari Selasa (08/09/2020), dipimpin oleh kenaikannya terhadap mata uang Poundsterling di tengah kekhawatiran baru tentang Brexit dan karena selera risiko berkurang dengan aksi jual di Wall Street. Analis mengatakan keuntungan mata uang AS kemungkinan tidak akan berkelanjutan.

Poundsterling jatuh ke level terendah empat minggu terhadap dolar dan terakhir turun lebih dari 1,2% pada $ 1,2987. GBPUSD turun lebih dari 1% terhadap karena meningkatnya kekhawatiran bahwa Inggris sedang bersiap untuk melemahkan perjanjian perceraian Brexit dan pembicaraan perdagangan torpedo dengan Uni Eropa.

Inggris telah memasuki putaran baru pembicaraan perdagangan Brexit pada Selasa, memperingatkan bahwa itu meningkatkan persiapan tanpa kesepakatan. Perasaan krisis muncul saat Financial Times melaporkan bahwa kepala departemen hukum Inggris telah berhenti karena saran Boris Johnson ingin mengganti bagian dari kesepakatan perceraian yang ada.

Ketidakpastian yang diperbarui seputar proses Brexit yang tampaknya tidak pernah berakhir telah mengirim sterling jatuh minggu ini, dan mungkin sedikit membebani mata uang Eropa secara lebih umum, mengingat bahwa akhir yang tidak teratur pada periode transisi Inggris akan mengganggu juga seluruh Eropa.

UE telah memperingatkan tidak akan ada kesepakatan perdagangan jika Inggris mencoba untuk mengesampingkan bagian dari Perjanjian Penarikan yang ditandatangani pada Januari. Tindakan semacam itu dapat membahayakan seluruh perjanjian dan menciptakan gesekan di Irlandia Utara yang dikuasai Inggris.

Sebelumnya, Poundsterling mengambil satu langkah lebih rendah setelah kepala departemen hukum pemerintah Inggris mundur. Surat kabar melaporkan dia telah pergi untuk menanggapi saran bahwa Perdana Menteri Boris Johnson mengancam untuk membatalkan kesepakatan perceraian.

Jam terus berdetak pada tenggat waktu Oktober untuk kesepakatan perdagangan dan akhir dari pengaturan transisi status quo pada akhir Desember.

Dengan ‘tanpa kesepakatan’, ini merupakan jalan yang paling mungkin dan mungkin – satu-satunya hasil – dari negosiasi,” kata mantan kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada pertemuan virtual pada hari Selasa kepada Principal Global Investors . “Kita tidak boleh lupa bahwa Brexit adalah tragedi bagi semua orang. Ini adalah bencana. Ini adalah langkah, yang diambil oleh rakyat Inggris, bertentangan dengan sejarah … kita semua, kita harus menghadapi konsekuensi negatif jika tidak ada kesepakatan. “

Setelah beberapa bulan sterling menguat terhadap dolar, kembalinya tiba-tiba kekhawatiran tentang Brexit tanpa kesepakatan telah membuat takut investor dan menjatuhkan 4 sen dari pound sejak awal bulan.  Pound turun 1,1% menjadi $ 1,3034, terlemah sejak 13 Agustus, sementara itu juga turun tajam terhadap euro ke level terendah dua minggu 90,42 pence.

Dengan peluang BREXIT tanpa kesepakatan, Poundsterling menjadi bearish  dan aksi jual bisa berlaku lebih lanjut. Namun, Gavin Friend, ahli strategi FX senior di NAB, mencatat bahwa, meski pound turun, itu bukanlah pergerakan besar. “Mengapa sterling tidak jatuh lebih cepat dari itu?” dia berkata. “Ada pandangan umum bahwa banyak pengamat negosiasi perdagangan melihat semua gertakan yang kita alami beberapa bulan terakhir ini sebagai taktik negosiasi.”

Volatilitas dolar sterling tersirat juga naik, dengan volatilitas satu bulan, kontrak yang mencakup tenggat waktu awal Oktober untuk kesepakatan, mencapai 10% untuk pertama kalinya sejak pertengahan Juni. Selain kekhawatiran Brexit, investor mata uang berbondong-bondong ke dolar karena saham AS terpukul

“Ada juga beberapa pergerakan risk-off di pasar saham, yang sedikit positif untuk dolar,” kata Erik Bregar, kepala strategi FX di Exchange Bank of Canada di Toronto. Dalam perdagangan sore, indeks dolar naik 0,4% menjadi 93,445, setelah naik ke level tertinggi empat minggu di 93,483.