Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Berlalurt-larutnya pembicaraan terkait stimulus fiskal Amerika Serikat dan optimisme vaksin menurunkan dolar AS bersama dengan harga emas. Secara teknis, harga emas menunjukkan potensi penurunannya ditengah persimpangan menjelang keputusan Federal Reserve yang akan dirilis pada hari  Rabu.

Pada minggu lalu, harga emas ditutup  dengan penurunan moderat di bawah $ 1940. Tekanan jual mendominasi perdagangan di tengah memudarnya harapan untuk bantuan bantuan virus korona AS. Lebih lanjut, investor tetap optimis tentang otorisasi Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk vaksin covid Pfizer. Meskipun kekhawatiran yang membayangi tentang pertumbuhan virus di kedua sisi Atlantik dan kekhawatiran Brexit tanpa kesepakatan menopang sisi negatif dalam emas safe-haven.

Sentimen risiko telah membaik memulai minggu baru, membebani logam kuning, karena pasar menunggu peluncuran vaksin di AS setelah otorisasi FDA Sabtu pagi. Selanjutnya, optimisme Brexit yang diperbarui setelah pembicaraan diperpanjang melewati tenggat waktu hari Minggu menambah suasana pasar yang optimis.

Optimisme vaksin melawan kemungkinan kesepakatan stimulus fiskal AS dicapai minggu ini, membuat emas negatif. Menurut sumber, paket bantuan virus korona bipartisan senilai $ 908 miliar akan diperkenalkan di Kongres AS paling cepat Senin. Juga, pedagang emas tetap gelisah menuju keputusan kebijakan moneter FOMC yang paling ditunggu-tunggu dan final tahun ini.

Secara teknis melihat pergerakan harga emas dalam grafik empat jam, prospek emas tetap suram di sesi mendatang. Perdagangan emas di pasar spot telah mengukir formasi segitiga menurun pada jangka waktu tertentu, dengan upaya naik dibatasi oleh pertemuan resisten garis tren yang turun dan rata-rata bergerak sederhana dibawah (SMA) 21-bearish di $ 1841, pada saat penulisan.

Sentimen telah berubah agak bearish, karena SMA 21 telah menembus SMA 50 dari atas, mengonfirmasi perpotongan bearish. Menambahkan kepercayaan pada sisi bawah, Relative Strength Index (RSI) mengarah ke selatan (saat ini di 44,58) di bawah garis tengah.

Support selanjutnya yang menunggu di SMA 100 horizontal di $ 1830, di bawahnya support segitiga di $ 1823,50 dapat diuji.

Sebagai alternatif, penembusan berkelanjutan di atas resisten kritis tersebut di atas dapat mengkonfirmasi penembusan segitiga menurun dan meniadakan bias sisi bawah baru-baru ini. Bull XAU kemudian bisa menantang SMA 200 di $ 1.861.