Harga emas naik setelah angka NFP mengecewakan

Lebih dari satu dekade menjadi jurnalis ekonomi dan gaya hidup, khususnya pasar modal, komoditi dan mata uang. Menyukai travelling disaat liburan atau mengatur koleksi filateli.

ESANDAR – Harga emas di bursa berjangka pada hari Jumat (24/072020) mencetak rekor di harga penutupannya, berakhir dengan harga naik hampir 5% untuk minggu ini, karena meningkatnya ketegangan dan kekhawatiran AS-Cina atas prospek ekonomi memicu permintaan untuk emas.

Melihat prospek jangka panjang, latar belakang makro yang saat ini sangat tidak pasti dipasangkan dengan langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mendekati tingkat suku bunga terendah, reli emas harus berkelanjutan selama berbulan-bulan dan kemungkinan kuartal mendatang.

China pada hari Jumat memerintahkan AS untuk menutup konsulatnya di kota Chengdu barat, pertikaian terbaru dalam perselisihan antara Washington dan Beijing. AS awal pekan ini memerintahkan Cina untuk menutup konsulat Houstonnya, menuduh agen-agen Cina telah mencoba mencuri data dari fasilitas di Texas.

Ketegangan antara kedua negara adikuasa ekonomi dunia mendorong langkah risk-off di pasar. Untuk sementara reli emas akan didukung oleh meningkatnya ketegangan geopolitik dan korelasi negatifnya dengan suku bunga riil dan dolar. Faktor-faktor itu, dikombinasikan dengan pertumbuhan pasokan terbatas karena penambang terus menahan belanja modal, akan mendorong harga emas lebih tinggi.

Harga emas untuk kontrak bulan Agustus yang paling aktif diperdagangkan saat ini di Comex, naik sebesar $ 7,50, atau 0,4%, menjadi $ 1,897.50 per ons. Yang melampaui penutupan tertinggi sepanjang masa dari $ 1,891.90 untuk kontrak paling aktif yang ditetapkan pada Agustus 2011, menurut Dow Jones Market Data. Kontrak berjangka Agustus sayangnya gagal menembus rekor baru tertinggi di $ 1.923. Berdasarkan pada sektor fundamental bullish, termasuk tren dolar turun dan hasil nyata jatuh, ini akan menjadi masalah waktu sampai harga tertinggi baru sepanjang masa tercapai. Sejauh ini, harga tertinggi intraday sepanjang masa untuk kontrak yang paling aktif diperdagangkan adalah di $ 1.923,70 per ounce dari 6 September 2011. Pada hari Jumat, emas Agustus naik ke level $ 1.904,60.

Untuk minggu ini, berdasarkan kontrak yang paling aktif, emas berjangka melihat kenaikan 4,8%, sementara perak melonjak 15,6%. Besarnya stimulus ekonomi sudah disampaikan, dan untuk didistribusikan secara berkelanjutan, sedang menyaring pasar logam mulia.

Cara terbaik untuk memahami ekspansi neraca Fed adalah pajak atas uang tunai. Dalam lingkungan seperti itu, logam moneter mungkin diharapkan meningkat tajam tidak hanya sebagai lindung nilai dolar potensial, tetapi sebagai penyimpan nilai alternatif dalam hak mereka sendiri.